Sukses

Menteri PANRB: BP Batam dan Pemda Harus Kompak Bangun Wisata

Asman Abnur menilai pelaku-pelaku pariwisata harus menjadi motor pertumbuhan ekonomi di Batam.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan Provinsi Kepulauan Riau khususnya Batam tentunya harus dibarengi dengan kekompakan antara Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) dan Pemerintah Daerah Batam (Pemda), tutur Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Asman Abnur, di Kampus Politeknik Tourisn Batam (BTP) Batam, Kamis, (23/11/2017).

"Keunggulan yang dimiliki harus dibarengi sinergitas antar-institusi, yakni BP Batam, Pemko Batam, dan Pemprov Kepri untuk bersama-sama menggali potensi pariwisata di wilayahnya untuk menggenjot kunjungan Wisman," kata dia.

Asman Abnur menilai pelaku-pelaku pariwisata harus menjadi motor pertumbuhan. "Kami mendorong agar pariwisata di Kepri dikembangkan. Para pelaku usaha bidang pariwisata harus menjadi motor penggerak perekonomian di Kepri," kata Asman.

Di tempat yang sama, Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo juga mendorong sektor pariwisata untuk mempersiapkan beberapa acara atau gelaran bertaraf internasional. Acara tersebut antara lain maraton dan karnaval.

"Beberapa negara ASEAN sudah menyatakan kesediaan ikut dalam acara ini," ujarnya.

Diharapkan dengan gelaran bertaraf internasional mampu meningkatkan kunjungan wisman di Kepri.

Lukita juga akan terus meningkatkan sarana dan prasarana akses di pintu-pintu masuk pelabuhan dan bandara.

"Kami ingin membuat wisatawan merasa nyaman datang ke Kepri, khususnya Batam. Kami berkerja sama dengan Pemko Batan dan Wali Kota Batam juga telah membangun infrastruktur jalan," ujarnya.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menambahkan, sektor pariwisata kini menjadi salah satu sektor unggulan karena posisi Batam yang strategis, yaitu berada di pulau terdepan dan di perbatasan antara dua negara.

Sektor pariwisata saat ini menjadi keunggulan ekonomi bagi daerah untuk menarik sebanyak-banyaknya wisatawan datang ke Batam.

"Makanya kami menggenjot benar sektor pariwisata ini agar mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Batam. Kami yakin kunjungan wisman 1,7 juta terealisasi hingga akhir tahun nanti," pungkas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.