Sukses

Jurus PGN Mudahkan Penggunaan Gas Bumi di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah sedang berupaya mendorong penggunaan gas bumi di Indonesia. Hal ini demi meningkatkan ketahanan energi serta mengurangi impor Bahan Bakar Minyak (BBM) nasional.

Upaya mendorong penggunaan gas tersebut dinilai perlu kemudahan. Sebab itu, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) PGN mengeluarkan PGN 360 degree integrated solution.

Ini merupakan inovasi dari perusahaan ini demi memudahkan seluruh kalangan dalam menggunakan gas bumi di Indonesia.

Division Head of Corporate Communication PGN, Desy Anggia menjelaskan,‎ ‎konsep PGN 360 degree integrated solution merupakan konsep layanan yang mengintegrasikan kompetensi dan sumber daya yang dimiliki dari hulu sampai hilir gas bumi. ‎

"Jadi semua terhubung melalui PGN 360 degree integrated solution," kata Anggia, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Senin (27/11/2017).

Menurut Anggia, dengan konsep PGN 360 degree integrated solution, pelanggan dapat memanfaatkan gas dengan nyaman, karena seluruh kebutuhannya dapat disediakan PGN grup.‎

"Jadi apakah konsep PGN 360 degree integrated solution, dapat memudahkan masyarakat memanfaatkan gas? Jelas, ini didesain untuk membantu pelanggan memanfaatkan gas," tutur dia.

 

1 dari 2 halaman

Penyedia Jaringan Pipa

Anggia mengungkapkan, PGN memiliki kemampuan dari penyediaan gas, solusi infrastruktur gas, pemanfaatan gas bumi serta layanan pendukung seperti jasa operasi, pemeliharaan infrastruktur pipa dan peralatan gas, kegiatan tersebut didukung dengan otomasi proses dan teknologi digital.

"Dengan konsep itu maka PGN menawarkan complete solution dalam pemanfaatan gas bumi," dia menjelaskan.

Anggia menuturkan, selain menyediakan gas bumi yang andal, PGN juga membantu dalam penyediaan jaringan pipa di dalam pabrik atau fasilitas pelanggan dalam rangka pemanfaatan gas.

PGN juga dapat menyediakan, termasuk jasa pengoperasian dan pemeliharaan pipa serta peralatan gas seperti boiler, dan gas engine generator.

Semua layanan terintegrasi tersebut dilakukan PGN grup, yaitu solusi gas oleh PGN atau PGN LNG Indonesia, solusi infrastruktur oleh PGas Solution, solusi penyediaan gas melalui CNG atau solusi non pipa oleh Gagas Energi Indonesia.

Solusi peralatan gas oleh Gagas dan Widar. Solusi sistem teknologi dan informasi pendukung oleh Pgas.Com, sampai dengan solusi jasa engineering, audit energi oleh Sena.

"Sehingga dengan pendekatan PGN 360 degree integrated solution, pelanggan atau calon pelanggan dapat memanfaatkan gas bumi tanpa harus repot karena PGN dapat menyediakan semuanya," tutup Anggia.

Artikel Selanjutnya
BPH Migas Tetapkan Tarif Baru Pengangkutan Gas Arun-Belawan
Artikel Selanjutnya
Pertagas Mulai Bangun Pipa Gas Grissik-Pusri