Sukses

Jokowi Apresiasi Investasi Denmark ke RI Naik 1.262 Persen

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi lonjakan investasi Denmark ke Indonesia yang meningkat signifikan 1.262 persen

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kegiatan penanaman modal atau investasi Denmark ke Indonesia yang meningkat signifikan sebesar 1.262 persen. Salah satu komitmen Denmark-Indonesia adalah meningkatkan kerja sama dalam pemberantasan maling ikan.

Hal itu disampaikan Jokowi usai melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Denmark, Lars Løkke Rasmussen di Istana Bogor, Selasa (28/11/2017). “Dengan iklim investasi yang semakin baik, saya harapkan kerja sama investasi semakin meningkat,” ujar Jokowi.

Denmark dan Indonesia sepakat untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang, antara lain di bidang maritim dan lingkungan hidup, yakni kerja sama pemberantasan IUU (Illegal, Unreported, and Unregulated) Fishing dan dukungan Denmark terhadap Our Ocean Conference di Indonesia pada 2018.

Indonesia dan Denmark juga sepakat meningkatkan kerja sama di bidang lingkungan hidup melalui Environment Support Programme (ESP) dalam beberapa proyek, antara lain proyek pelestarian Hutan Harapan di Jambi, kerja sama di bidang lingkungan hidup antar Universitas, dan kerja sama di bidang pengelolaan limbah dan manajemen air, serta manajemen pengolahan sampah.

Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama tersebut sudah dilakukan dalam pertemuan antara Jokowi dan Rasmussen. Energi terbarukan juga menjadi pokok bahasan dalam pertemuan. Kerja sama akan difokuskan pada target jangka panjang pemenuhan energi baru terbarukan dan konservasi energi.

"Pengembangan kerja sama energi bayu merupakan salah satu prioritas,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi menyambut baik pengesahan Rencana Aksi Implementasi Kemitraan Indonesia-Denmark 2017-2020. Hal ini sebagai tindak lanjut Kemitraan Inovatif yang ditandatangani saat kunjungan Ratu Denmark ke Indonesia beberapa waktu lalu. “Dua tahun lalu Indonesia mendapatkan kehormatan kunjungan Ratu Denmark. Semua hal ini tentunya perlu dimaknai sebagai komitmen meningkatkan hubungan bilateral antara Denmark dengan Indonesia,” ungkap Jokowi.

Selain soal kerja sama ekonomi, Presiden Jokowi juga menyampaikan perhatian serius Indonesia terhadap tindakan diskriminatif dan kampanye hitam terhadap kelapa sawit yang masih terus berlangsung di Eropa. “Saya juga meminta dukungan Denmark terhadap negosiasi Indonesia–EU Comprehensive Economic Partnership Agreement,” harap Jokowi.

Sementara itu, PM Rasmussen mengatakan tujuan utama dari kunjungannya adalah untuk meningkatkan hubungan Indonesia dan Denmark ke level yang lebih baik.

“Presiden Jokowi dan saya telah menyetujui beberapa rencana aksi untuk kerja sama menuju 2020 dan bersama menyetujui perjanjian politik dan perjanjian people to people,” ucap dia.

Pad 2023, Indonesia akan menjadi salah satu negara dengan perekonomian terbesar. Diakui Rasmussen, ini akan membawa potensi besar bagi Indonesia dan membawa keunggulan yang bisa dimanfaatkan oleh dua negara.

"Presiden Jokowi dan saya telah menyetujui meningkatkan perdagangan investasi dan melanjutkan penghapusan berbagai hambatan perdagangan,” kata PM Rasmussen.

Tonton Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertemu PM Denmark, Jokowi Dihadiahi Album Metallica

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kedatangan Perdana Menteri (PM) Kerajaan Denmark Lars Løkke Rasmussen dan Ibu Negara Solrun Løkke Rasmussen di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Selasa 28 November 2017.

Ada hal menarik dari pertemuan tersebut, yaitu buah tangan PM Lars untuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi, yaitu beberapa piringan hitam album grup band legendaris Metallica.

Pemberian tersebut diserahkan PM Lars usai memberikan keterangan pers bersama di Istana Bogor.

"Perdana Menteri Rasmussen tahu kesukaan saya," kata Jokowi seraya tersenyum.

Jokowi dikenal sebagai penikmat setia musik rock. Bahkan, kaset album dari berbagai musisi rock mancanegara dari tahun 1970-an masih dia simpan. Selain itu, ia juga mengoleksi berbagai macam kaus bergambarkan band rock favoritnya.

Kecintaannya terhadap musik rock ditampakkan sejak ia masih menjabat Wali Kota Solo. Dia kerap mendengar alunan lagu-lagu band rock di sela-sela pekerjaannya sebagai pimpinan di daerah.

Beberapa wartawan yang sering mewawancarai Jokowi juga mengatakan bahwa musik rock sering terdengar melantun dari radio tape ketika ia membuka pintu mobilnya.

Jokowi juga kerap mendatangi konser-konser musik band rock, seperti Linkin Park tahun 2011 lalu, dan yang terbaru Gun's n Roses saat manggung di MEIS Ancol. Dia rajin menghadiri konser meskipun menjabat di pemerintahan, baik sebagai Wali Kota Solo maupun sebagai Gubernur DKI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.