Sukses

Jokowi Tunjuk Dirjen Pajak Baru Siang Ini

Presiden Joko Widodo rencananya akan menyeleksi Dirjen Pajak siang ini.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah mengantongi nama calon Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementer‎ian Keuangan. Presiden rencananya akan melakukan seleksi tersebut pada siang ini (29/11/2017).

"Dirjen Pajak siang ini dibahas TPA (Tim Penilai Akhir)," kata Jokowi saat menghadiri CEO Forum di kawasan Kuningan, Jakarta, hari ini.

Sebelumnya, berdasarkan sumber Liputan6.com, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati telah mengusulkan tiga nama calon Dirjen Pajak kepada Presiden.

Informasi terakhir dari Tim Ahli Wakil Presiden RI, Sofjan Wanandi memastikan bahwa Jokowi menunjuk langsung Robert Pakpahan sebagai Dirjen Pajak baru menggantikan Ken Dwijugiasteadi.

Sri Mulyani ketika dikonfirmasi pun masih pelit bicara mengenai sosok Dirjen Pajak baru. Dia baru akan memberi penjelasan setelah ditetapkan oleh Presiden Jokowi.

"Berita itu saya tidak ada komentar. Bagi pemerintah, Presiden nanti disampaikan Menteri Keuangan adalah apabila sudah ada penetapan dari Presiden. Jadi, saya tidak berkomentar terhadap rumor," kata dia di DPR RI Jakarta, Jumat (23/11/2017).

Menurut Sri Mulyani, mekanisme pemilihan Direktur Jenderal Pajak dilakukan seperti biasa. Untuk diketahui, masa bakti Ken Dwijugiasteadi sebagai PNS dan Dirjen Pajak akan berakhir pada akhir bulan ini.

"Mekanismenya seperti biasa, disampaikan kepada Presiden. Kemudian mekanisme Tim Penilai Akhir (TPA) dilakukan oleh Presiden, dipimpin oleh Presiden," jelas dia.

Terkait pemilihan Dirjen Pajak, Sri Mulyani mengatakan akan tetap menjaga kinerja Direktorat Jenderal Pajak supaya tetap fokus. Terlebih, ini sudah berada di akhir tahun.

"Pokoknya kita akan tetap menjaga keberlangsungan Direktorat Jenderal Pajak tetap bisa berjalan secara fokus karena ini masa yang sangat kritis akhir tahun. Namun, sistem tetap dijaga. Kita juga berkoordinasi semua pimpinan di Direktorat Jenderal Pajak," tutur dia.

Tonton Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sofjan Wanandi: Jokowi Tunjuk Robert Pakpahan Jadi Dirjen Pajak

Tim Ahli Wakil Presiden RI Sofjan Wanandi memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk langsung Robert Pakpahan sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak baru menggantikan Ken Dwijugiasteadi. Masa tugas Ken memang akan berakhir pada 1 Desember 2017.

Sofyan bercerita, semula terdapat beberapa kandidat yang diajukan untuk mengisi posisi Dirjen Pajak yang baru. Pemilihan akan dilakukan melalui penentuan di Tim Penilaian Akhir (TPA). Namun, karena waktu yang sangat mendesak, maka kemudian dilakukan penunjukan langsung.

Penunjukan langsung ini melalui proses rekomendasi dari Menteri Keuangan Sri Mulyani. "Ya benar (Robert Pakpahan). Itu ditunjuk langsung Presiden. Diusulkan tentu oleh Menteri Keuangan," jelas Sofjan kepada Liputan6.com, Kamis (23/11/2017).

Ia melanjutkan, pilihan Jokowi ke Robert Pakpahan karena memang ia memiliki kemampuan dan kapabilitas.

Sebelumnya, berdasarkan sumber Liputan6.com, Sri Mulyani telah mengusulkan tiga nama calon pengganti Dirjen Pajak kepada Presiden. Namun, belum diketahui secara pasti tiga nama tersebut.

"Ini dipastikan tidak seleksi terbuka, hanya mutasi biasa. Berarti hampir pasti dari Eselon I Kementerian Keuangan," kata sumber tersebut.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Juri Bicara Presiden Johan Budi mengaku belum mengetahuinya. "Aku cek dulu ya, apakah sudah ada nama atau usulan tersebut," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.