Sukses

Warnai Liburan Anda dengan Tempat Wisata Bertema Colorful

Kampung yang dahulu menjadi kampung kumuh sekarang menjadi kampung yang indah penuh warna.

Liputan6.com, Jakarta - Berwisata di indahnya alam nan hijau dan asri atau berwisata di indahnya pantai mungkin merupakan hal yang sudah sering kita tuju. Namun bagaimana jika kita berwisata dengan indahnya warna. Indahnya warna yang menghiasi sebuah pemukiman atau sebuah lokasi yang ada.

Memang hal ini tampak sedikit agak aneh, tapi hal tersebut akan membawa sebuah pengalaman baru yang sederhana dan tak terlupakan. Beberapa tempat di Indonesia menyediakan tempat tujuan wisata kota tersebut. Di mana saja? Simak ulasannya seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Kampung Jodipan, Malang

Terletak di tengah Kota Malang, Jawa Timur. Kampung Jodipan ini terletak di bantaran sungai Brantas. Dahulu kampung ini adalah kampung yang kumuh. Apabila kita naik kereta dengan tujuan arah Kota Malang atau tujuan Jakarta dengan rute perjalanan melewati selatan, kita akan melewati kampung warna ini.

Kampung ini akan tampak dari jembatan kereta. Kampung warna yang terletak di keluarahan Jodipan ini dihiasi oleh penduduknya dengan aneka warna. Berawal dari gagasan sekelompok mahasiswa di Kota Malang yang sedang mengerjakan praktikum mata kuliah ilmu komunikasi.

Sekelompok mahasiswa Universitas Swasta di Malang ini mengajukan kerjasama kepada produsen cat yang ada di kota tersebut. Dengan respons positif, produsen cat itu mau bekerjasama dan terciptalah kampung yang penuh warna. Kampung yang dahulu menjadi kampung kumuh sekarang menjadi kampung yang indah dan menjadi salah satu ikon di Kota Malang.

Namun kita harus bersiap-siap terengah-engah karena lokasi dari kampung warna Jodipan berada di bantaran Sungai Berantas mempunyai struktur geografis naik turun. Tapi kita akan sedikit terlupakan dengan naik dan turunnya lokasi dengan indahnya warna yang disajikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kampung Kali Werno, Semarang

Kampung kali Werno Semarang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Tepatnya di Desa Bejalen, Kecamatan Ambarawa. Kampung ini dibelah oleh sungai Kalipanjang. Dinding rumah dicat dengan aneka warna sehingga menciptakan pemandangan yang indah.

Berbeda dengan kampung-kampung yang lain. Kampung ini dicat penuh warna dalam satu dinding, sehingga mirip zebra, hanya saja tidak di cat dengan perpaduan warna hitam dan putih melainkan berbagai warna. Bahkan, warnanya bisa terdiri dari empat macam warna.

Banyak dari pengunjung yang juga berpose foto di depan tembok dari rumah penuh warna di kampung Kali Werno ini. Walaupun belum keseluruhan dari rumah atau dinding di beri warna, namun kali Werno sudah cukup memberi alternatif tujuan wisata di Kota Semarang.

 

3 dari 4 halaman

3. Kampung Warna-warni Teluk Seribu, Balikpapan

Tema yang sama dengan kampung warna Jodipan. Kampung warna-warni yang satu ini terletak di Balikpapan tepatnya terletak di Jl.Persatuan RT.3, Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur, Kalimantan Timur. Kampung ini dipenuhi dengan gambar seni yang penuh warna.

Selain itu, kampung ini terletak di dekat dermaga, sehingga kita juga dapat melihat kapal yang terapung sebagai objek pemandangan. Pemerintah setempat sengaja mempercantik kampung tersebut dengan warna yang menarik dan lukisan yang juga indah.

Pada kampung warna Teluk Seribu, kita juga akan dihibur dengan lukisan tiga dimensi hasil kreativitas seni warga. Tidak hanya warna, akan tetapi lukisan di dinding yang berada di lorong dan juga lantai dari kampung tersebut dipenuhi oleh warna dan dipenuhi oleh gambar-gambar yang unik dan menarik.

Tak jarang banyak pengunjung yang melakukan selfie di dekat dinding atau bahkan ada yang berpose seolah olah mandi di sebuah sungai. Gambar 3D sungai yang hampir mirip dan sangat menarik untuk dijadikan background foto selfie.

Ada juga kampung warna yang terletak persis di atas air, sehingga kita akan berada di perkampungan di dermaga yang terletak di atas air.

 

4 dari 4 halaman

4. Kampung Code, Yogyakarta

Hampir sama dengan kampung Jodipan yang terletak di Kota Malang. Kampung Code adalah kampung yang terletak di tepi sungai Code. Dahulu kampung ini terlihat kumuh, akan tetapi berubah menjadi kampung yang penuh dengan warna.

Pengunjung dapat melihat keindahannya dari atas jembatan Gondolayu. Kita juga akan sedikit memerlukan banyak tenaga karena letaknya yang berada jauh di bawah. Dominan warna merah, putih, biru dan hijau akan menghiasi atap dan tembok dari kampung code ini.

Banyak dari pengunjung yang mengambil gambar dan foto dengan cara mandiri atau selfie dari atas jembatan Gondolayu.

Warna Memberikan Suasana Baru

Kreativitas memang tidak akan dapat dibatasi, salah satu contoh dari sebuah kreativitas adalah kampung atau wisata warna yang ada di Indonesia dan beberapa negara-negara di dunia. Mengubah sesuatu yang tidak menarik menjadi sesuatu yang berarti. Warna dapat mengubah segalanya menjadi penuh arti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini