Sukses

Coba Terapkan 6 Rutinitas Pagi Ini Jika Ingin Sukses!

Liputan6.com, Jakarta - Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh kesuksesan. Namun, jika hanya sekadar niat dan tidak melakukan apapun secara maksimal, tentu kesuksesan tak akan bisa diperoleh begitu saja.

Cara mudah untuk menjadi sukses ialah dengan memulai hari dengan benar, yaitu dengan menjalani beberapa kebiasan yang baik di pagi hari.

Hal ini bahkan juga dibenarkan oleh para peneliti yang menyimpulkan bahwa "orang pagi lebih proaktif daripada tipe malam".

Lalu, sebenernya apa saja ya ritual pagi tersebut? Melansir laman businessinsider.sg, Jumat (1/12/2017), berikut beberapa rutinitas pagi yang bisa diterapkan agar bisa sukses:

1. Buat rencana pagi pada malam sebelumnya

Mungkin ini bukan termasuk daftar ritual pagi, namun ini merupakan kebiasaan yang pasti kondusif untuk rutinitas pagi yang produktif. Anda dapat mempersiapkan diri untuk pagi yang sukses dengan membuat rencana pada malam sebelumnya.

 

2. Bangun lebih awal

Pagi hari yang produktif dimulai dengan bangun pagi. Banyak orang sukses bangun di pagi hari, seperti CEO PepsiCo Indra Nooyi, bangun pukul 4 pagi dan berada di kantor paling lambat pukul 7, CEO Disney Bob Iger bangun pukul 4.30 untuk membaca, dan CEO Twitter Jack Dorsey pukul 5.30 sudah pergi joging.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang Anda dapat bangun lebih pagi. Anda bisa mencoba dengan tidur lebih awal.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Mulai dengan olahraga

Pagi hari merupakan waktu yang ideal untuk berolahraga. Memulai hari dengan berolahraga dapat mencegah Anda untuk menunda kegiatan sehat ini. Selain itu, olahraga sendiri dapat membantu Anda untuk meningkatkan mood dan membantu mengatasi stres sehingga hari Anda menjadi jauh lebih baik.

Salah satu orang sukses terkenal yang memulai olahraga saat pagi ialah mantan Presiden AS Barack Obama yang suka latihan kekuatan dan kardio.

 

4. Tangani proyek prioritas tinggi

Ketenangan di pagi hari bisa menjadi waktu ideal untuk fokus pada proyek kerja. Jadi gunakan waktu pagi Anda untuk menangani proyek prioritas tinggi karena lebih efektif dan tidak ada yang mengganggu sehingga pekerjaan lebih cepat selesai.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Tangani proyek sampingan

Banyak orang sukses meluangkan satu jam atau lebih untuk proyek pribadinya sebelum memulai harinya. Ini dikarenakan jika tidak dilakukan saat pagi, bisa-bisa tidak ada waktu lagi untuk menyelesaikan proyek sampingan tersebut setelah satu hari bekerja penuh.

Oleh karena itu, Anda bisa coba untuk melakukan kebiasaan pribadi Anda di saat pagi, seperti membaca sebuah buku, menulis beberapa halaman, dan lain-lain.

 

6. Menikmati kesunyian

Hidup bisa menjadi gila. Seringkali sulit untuk menemukan saat luang dalam jadwal sibuk. Jika Anda selalu terburu-buru di pagi hari, tentu sulit meluangkan waktu untuk memiliki waktu yang tenang.

Oleh karena itu, cobalah bangun lebih pagi, ambil beberapa waktu tenang untuk berdoa, bermeditasi, membayangkan kesuksesan masa depan, atau merenungkan apa yang Anda syukuri. Jeda singkat ini bisa membuat Anda dalam pola pikir yang hebat sepanjang hari.

Artikel Selanjutnya
5 Ciri yang Dilakukan oleh Orang 'Gagal' Selama Akhir Pekan
Artikel Selanjutnya
Bukan Main Smartphone, 5 Kebiasaan Tidur Ini Buat Cepat Sukses