Sukses

Tanpa Pidato Panjang, Jokowi Resmikan 3 Sarana Olahraga di GBK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga sarana olahraga di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga sarana olahraga di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Sarana tersebut digunakan untuk menunjang penyelenggaraan ajang olahraga Asian Games 2018.

Pantauan Liputan6.com, di kawasan GBK, Jakarta, Sabtu (2/12/2017), Jokowi ‎mengenakan setelah jaket dan celana training merah,‎ datang ke lapangan hoki GBK Jakarta sekitar pukul 11.00 WIB. Beberapa saat setelah tiba, acara peresmian tiga sarana olahraga pun dimulai.

Tiga sarana yang diresmikan secara bersamaan dalam satu lokasi tersebut adalah lapangan hoki, lapangan panahan, dan lapangan ABC. Ketiganya terletak dalam satu jajaran ‎di kawasan GBK.

Setelah mendengarkan laporan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono‎, Jokowi diberikan kesempatan untuk memberi arahan.

Namun tidak seperti bias‎anya, Jokowi tidak melakukan pidato panjang. Dia hanya berkata, proses peresmian tiga lapangan tersebut dilakukan dengan cepat.

"Saya ingin cepat saja dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim lapangan panahan, lapangan hoki, lapangan ABC di kawasan Glora Bung Karno siang hari ini saya resmikan‎," kata Jokowi.

Setelah itu, Jokowi menyaksikan latihan pertandingan ‎para atlet hoki.

Selain tiga sarana tersebut, Jokowi juga akan meresmikan sarana olahraga air (aquatic), yang masih berada di satu kawasan GBK.

Basuki mengungkapkan, di kawasan GBK ada 13 sarana olahraga yang akan diresmikan‎, untuk menunjang Asian Games 2018 juga dilakukan pembangunan sarana olahraga di Pelembang dan 10 tower Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta dengan total anggaran sebesar Rp 6,2 triliun.

Adapun empat saranan olahraga yang diresmikan menelan anggaran Rp 370 miliar.

"Untuk sembilan venue lainnya diresmikan 9 Desember 2017 untuk test event Februari 2018. Sebanyak 13 venues membutuhkan anggaran Rp 6,2 triliun, empat venue yang diresmikan hari ini membutuhkan anggaran Rp 370 miliar," tutur Basuki.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rampung tahun ini

Basuki Hadimuljono mengatakan, seluruh pembangunan kawasan GBK akan rampung akhir tahun ini.

"Kalau persentase harus tanya pelaksananya, tapi targetnya 31 Desember semua selesai," kata dia.

Dia mengatakan, pembangunan kawasan GBK dilakukan 24 jam. Menurutnya, saat ini tinggal proses merapikan kawasan GBK. "Ya, sudah mulai dibersih-bersihin," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.