Sukses

Pemerintah Kucurkan Rp 6,2 Triliun untuk Asian Games 2018

Hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan empat fasilitas di kawasan GBK.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 6,2 triliun untuk perhelatan Asian Games 2018. Anggaran tersebut untuk pembangunan kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Wisma Atlet, serta Jakabaring Palembang.

"Untuk keseluruhan rehabilitasi venues di GBK Jakarta, Jakabaring Palembang, dan pembangunan 10 tower Wisma Atlet Kemayoran semuanya menelan anggaran Rp 6,2 triliun," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di GBK Senayan Jakarta, Sabtu (2/12/2017).

Hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan empat fasilitas di kawasan GBK. Fasilitas tersebut adalah lapangan hoki, akuatic, panahan, dan lapangan bola ABC. "Empat venues yang diresmikan hari ini anggarannya mencapai Rp 370 miliar," ujar Basuki.

Di kawasan GBK, pemerintah membangun 13 fasilitas olahraga. Empat fasilitas telah diresmikan pada Sabtu ini, sedangkan untuk sembilan sisanya akan rampung dalam waktu dekat dan segera diresmikan.

"Sembilan venues sisanya sedang dalam penyelesaian dan akan diselesaikan akhir Desember 2017," ujar dia.

Peresmian empat fasilitas ini sejalan dengan test event yang juga dilakukan dalam waktu dekat.

"Keempat venues yang diresmikan pada hari ini bertepatan akan diselenggarakan test event, aquatic 8-9 Desember, hoki 9-17 Desember. Sedangkan kawasannya sendiri sekarang dalam perapihan dapat diselesaikan pada 31 Desember 2017," tutup dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diresmikan Jokowi

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan empat venue untuk Asian Games 2018 di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (2/12/2017). Pemerintah menghabiskan triliunan rupiah untuk merehabilitasi seluruh venue tersebut.

Keempat venue untuk Asian Games yang telah rampung di kawasan GBK, Jakarta, yakni Lapangan ABC, Hoki, Panahan, dan Akuatik. "Lapangan Hoki, Panahan, ABC di kawasan GBK, siang ini saya nyatakan diresmikan," kata Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono mengatakan keempat venue itu sudah bisa digunakan untuk test event Asian Games 2018. Dia juga telah melaporkan anggaran untuk renovasi kawasan GBK kepada Joko Widodo.

"Ada 13 venue yang direhabilitasi untuk Asian Games. Dari 13 venue, empat sudah selesai dan diresmikan Bapak Presiden, sembilan venue sisanya dalam tahap penyelesaian dan akan selesai akhir Desember," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.