Sukses

Warga Pulau Togean Kini Nikmati Harga BBM Sama dengan di Jawa

Liputan6.com,Makasar Pertamina kembali meresmikan SPBU Kompak di Desa Una-una, Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah (Sulteng). SPBU Kompak ini berdiri untuk merealisasikan Program BBM Satu Harga oleh pemerintah.
 
General Manager MOR VII Pertamina, Joko Pitoyo, mengatakan, Program BBM Satu Harga merupakan amanah Pemerintah kepada Pertamina untuk mengantarkan energi hingga ke pelosok negeri.
 
“Pertamina sebagai bagian dari BUMN telah melaksanakan wujud nyata BBM 1 Harga di seluruh pelosok negeri khususnya wilayah Sulawesi. Hari ini kami secara resmi mengoperasi BBM 1 Harga di Kep. Togean, Kab. Tojo Una-Una. Sebelumnya juga telah beroperasi SPBU Kompak di Wangi-Wangi Provinsi Sulawesi Tenggara, serta Kabupaten Talaud dan Kabupaten Kabaruan di Sulawesi Utara,” ujar Joko dalam keterangannya, Minggu (3/12/2017). 
 
 
Mengantarkan BBM ke SPBU Kompak Desa Una-Una bukan perkara mudah. Awak mobil tangki (AMT) Pertamina harus menempuh jarak sekitar 200 kilometer (km) dari Terminal BBM Pertamina di Poso ke dermaga Ampana.
 
Kemudian dilanjutkan dengan kapal Ferry untuk menuju lokasi SPBU Kompak di Kepulauan Togean yang berjarak sekitar 50 mil. Tak jarang, AMT menghadapi kondisi ombak tinggi.
 
Mayoritas masyarakat di Kepulauan Togean adalah nelayan kecil yang membutuhkan bahan bakar bensin dan Solar untuk transportasi antarpulau dan mencari ikan di laut.
 
Selama ini, BBM di wilayah tersebut didapatkan dari daratan Ampana yang berjarak sekitar 50 mil dari Kepulauan Togean. Tak heran, harga BBM sebelum hadirnya Pertamina di kepulauan mencapai Rp. 15.000,- hingga Rp. 30.000,- tergantung kondisi ombak.
 
Melihat kondisi tersebut, Pertamina  didukung Pemerintah Daerah Kab. Tojo Una-Una mewujudkan BBM 1 Harga di Kepulauan Togean. Dengan adanya SPBU Kompak tersebut, harga jual Premium dan Solar di Kepulauan Togean sama dengan harga BBM di Jawa, Premium Rp 6.450,- / liter dan Solar Rp 5.150,- / liter.
 
"Saya selaku Kepala Desa Una-Una terharu dan mengucap syukur, atas beroperasinya BBM Satu Harga di desa kami, sudah berpuluh-puluh tahun semenjak Indonesia merdeka kami tidak merasakan harga BBM sama dengan di Jawa. Dengan adanya Program Bapak Jokowi yang dilaksanakan Pertamina, kami akhirnya bisa menikmati harga BBM yang sama dengan di Jawa,” ucap Sukri Daeng Situju selaku Kepala Desa Una-Una.
 
Tonton Video Pilihan Ini:
 
 
 
Artikel Selanjutnya
Warga Kayoa Barat Kini Nikmati Harga BBM Murah
Artikel Selanjutnya
22 Wilayah Kini Bisa Nikmati Harga BBM Seperti di Pulau Jawa