Sukses

Artis China Ini Dilarang Main Saham Selama 5 Tahun

Zhao Wei dan Huang sukses menjadi miliarder dengan kekayaan mencapai sekitar 7 miliar yuan.

Liputan6.com, Jakarta Miliarder  sekaligus artis China Zhao Wei dan suaminya dilarang bertransaksi di pasar saham di China selama lima tahun. Keduanya bahkan didenda oleh regulator sekuritas, seiring kasus penyimpangan pengambilalihan sebuah perusahaan.

Melansir laman Kaplanherald.com, Minggu (3/12/2017), Zhao dan suaminya Huang Youlong, melalui sebuah perusahaan yang mereka kendalikan - Tibet Longwei Culture Media Co -gagal saat mengambil alih 29,1 persen kepemilikan pada perusahaan Zhejiang Wanjia Co di akhir 2016.

Zhejiang Wanjia kemudian diambil alih oleh investor lain dan berganti nama menjadi Zhejiang Sunriver Culture Co .

Namun tawaran Tibet Longwei menarik perhatian China Securities Regulatory Commission (CSRC) mengenai keterbukaan informasi dan kemampuan pengambilalihan dana.

Regulator tersebut menyatakan bahwa tawaran tersebut membuat pernyataan yang menyesatkan dan kerugian besar, menurut pengajuan Zhejiang Sunriver ke bursa saham Shanghai.

"Tindakan ini sangat mempengaruhi ketertiban pasar, melukai kepercayaan investor kecil dan menengah di pasar, dan merusak keadilan, dan keterbukaan pasar," menurut penjelasan regulator.

Zhao, Huang dan Tibet Longwei tidak bisa dihubungi untuk memberi komentarnya. 

Zhejiang Sunriver dalam sebuah pernyataan melalui email kepada Reuters, mengatakan bahwa pihaknya akan mengungkapkan informasi pada waktu yang tepat sesuai dengan undang-undang untuk tindak lanjut.

CSRC mendenda Zhao dan Huang masing-masing 300 ribu yuan (US$ 45.201,15), sementara Tibet Longwei Culture Media Co menerima denda 600 ribu yuan.

Zhao dan Huang sukses menjadi miliarder dengan kekayaan mencapai sekitar 7 miliar yuan, lewat langkah investasi mereka. Kepemilikannya termasuk pada saham di Alibaba Pictures Group. 

Mereka masuk dalam peringkat 567 daftar 2017 orang terkaya di China yang dikumpulkan Hurun.

Zhao (41) terkenal usai membintangi drama TV "My Fair Princess", yang diproduksi bersama Taiwan dan China daratan pada 1998.

Dia juga merupakan bagian dari film "Shaolin Soccer" dan "Red Cliff" yang populer. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • main saham

Video Terkini