Sukses

Tips Mempertahankan Bisnis Ritel

Ada beberapa faktor yang membuat ritel modern berguguran, utamanya di kota-kota besar seperti Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Industri ritel di Tanah Air kini sedang mengalami kemunduran. Banyak faktor jadi penyebab. Hal paling utama ialah mulai bergesernya pola belanja masyarakat yang lebih memilih untuk berbelanja secara online dibandingkan pergi ke ritel modern.

Pakar Manajemen dan juga Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI), Rhenald Kasali menjelaskan, ada beberapa faktor yang membuat ritel modern berguguran utamanya di kota-kota besar seperti Jakarta.

Rhenald mengatakan, faktor pertama yang menyebabkan ritel modern berguguran seiring ketatnya persaingan ritel modern di kota besar.

Hal ini terpicu kondisi Ekonomi Indonesia yang juga terus tumbuh, dan digenjot terlalu cepat sehingga daya dukungnya semakin terbatas karena ritel di Indonesia ini sudah terlalu rumit kondisinya.

Persaingan ritel dengan media online ini juga ikut menjadi sorotan. Kehadiran bisnis online, walaupun transaksi e-commerce di Indonesia masih sebesar 1 persen dari total transaksi jual beli sektor ritel keseluruhan di Indonesia.

Jadi bagaimana agar ritel-ritel besar di Indonesia tidak semakin rontok?. Simak tips berikut seperti mengutip dari Laruno.com:

1. Faktor perubahan daya dukung komunitas yang berubah, seperti kawasan pemukiman di beberapa wilayah Jakarta dan sekitarnya yang sudah beralih fungsi menjadi pusat bisnis dan tidak lagi wilayah pemukiman, sebenarnya menjadi salah satu penyebabnya. 

Jadi jika ingin mempertahankan usaha ritel, Anda pun harus memastikan, apakah ritel yang didirikan sudah berada pada posisi yang pas. Artinya ritel tersebut berada di dalam 5 radius kilometer pemukiman, atau paling tidak ritel tersebut tidak berdekatan dengan ritel yang lainnya.

2. Membuka usaha ritel di sekitar Jakarta Outer Ring Road 1, dan Jakarta Outer Ring Road 2 yang sedang disambung juga menjadi tempat yang potensial. Karena di daerah ini masih banyak pemukiman kelas menengah baru yang masih doyan menghabiskan waktunya untuk belanja.

Jadi jika membuka ritel di sekitaran wilayah tersebut, masih bisa menjanjikan untuk ritel tersebut bertahan.

3. Menampilkan produk-produk terkini dengan harga di bawah rata-rata juga bisa menjadi salah satu hal menarik yang membuat para pengunjung tetap beralih ke bisnis ritel Anda.

Banyak orang yang malas belanja ke ritel karena barangnya sudah kuno, dan harga jual yang terlalu tinggi ditambah pajak yang tetap diadakan walaupun harga jual sudah dinaikan.

Tak masalah mengambil sedikit untung, tapi tetap pada porsi pembeli yang kembali datang. Daripada menaikan harga jual tinggi tapi membuat orang-orang malas untuk kembali berbelanja.

Perhatikan juga apa yang sedang menjadi tren terkini, hal itu pula yang dapat meningkatkan penjualan. Karena toko ritel Anda terlihat mengikuti perkembangan zaman.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini