Sukses

Biar Lebih Irit, Coba Belanja Online pada Waktu-Waktu Berikut

Banyak orang yang tidak menyadari jika terdapat waktu-waktu terbaik dan tepat untuk belanja online.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini belanja online memang memiliki daya tarik tersendiri. Tak hanya mudah dilakukan, tapi juga bisa mendapatkan harga barang yang lebih murah dibandingkan berbelanja di toko-toko konvensional pada umumnya. Bahkan, dengan belanja online, Anda tak perlu susah-susah mendatangi pusat perbelanjaan.

Cukup dari dalam rumah saja, Anda bisa membeli segala kebutuhan-kebutuhan Anda dengan mudah. Namun, banyak orang yang tidak menyadari jika terdapat waktu-waktu terbaik dan tepat untuk belanja online.

Pada waktu-waktu tersebut, Anda bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah dengan beragam keuntungan. Nah, bagi Anda yang hobi belanja online, berikut ini beberapa waktu yang tepat untuk berbelanja online yang perlu diketahui seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Promo Spesial Akhir Tahun

Waktu yang paling ditunggu-tunggu konsumen yang senang berbelanja online adalah saat akhir tahun. Sudah menjadi rahasia umum kalau akhir tahun menjadi waktu di mana, baik toko online maupun toko offline, mengadakan promo besar-besaran.

Sebab tren pada tahun depan akan berbeda dari tahun sebelumnya. Karena itu, produk-produk lama yang masih tersisa dan dalam kondisi yang bagus akan dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan sebelumnya.

Jika Anda menginginkan barang-barang dengan harga yang lebih murah, waktu ini sangat tepat bagi Anda untuk berbelanja online.

2. Saat Ada Flash Sale

Flash Sale (penjualan cepat) memang menjadi tren di beberapa online marketplace di Indonesia,bahkan di negara-negara lainnya. Biasanya hal ini dilakukan untuk menjual produk-produk yang memang sedang ditunggu masyarakat.

Waktu flash sale ini memang tidak tentu. Tergantung dari tiap-tiap produk yang dijual di toko online tersebut. Program flash sale ini memang mampu menarik minat pasar karena harga-harga yang ditawarkan cukup murah dan kompetitif dengan kualitas barang yang terjamin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Hari Belanja Online Nasional

Pemerintah Indonesia telah menetapkan 12 Desember sebagai Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Hal ini dapat memberikan kesempatan bagi toko-toko online di Indonesia agar dapat berkembang dan tentu saja akan berpengaruh bagi pendapatan negara.

Hal ini dikarenakan penghasilan dari toko online tersebut akan dibayarkan kepada Negara dalam bentuk pajak penjualan. Tak heran jika pada tanggal tersebut barang-barang yang dijual akan berharga cukup kompetitif, bahkan lebih murah dibandingkan hari-hari biasanya. Saat tersebut adalah waktu yang tepat agar Anda bisa membeli barang-barang yang diinginkan via online.

(Baca Juga: Keuntungan Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri)

4. Hari Besar Nasional

Waktu-waktu yang tepat lainnya untuk berbelanja online adalah pada hari-hari besar nasional. Misalnya, Hari Raya Idul Fitri, Natal, dan hari nasional lainnya.

Momen-momen tersebut biasanya dijadikan kesempatan oleh toko-toko online untuk memberikan potongan harga secara besar-besaran. Tak heran kalauAnda akan melihat berbagai diskon besar saat hari-hari besar.

3 dari 3 halaman

5. Online Revolution

Program ini biasanya dilangsungkan pada waktu-waktu tertentu, semisal 11.11 (11 November) atau 12.12 ( 12 Desember). Program ini memang begitu dinantikan terutama bagi konsumen yang senang berbelanja online karena harga-harga produk yang ditawarkan cukup murah.

Sudah banyak situs-situs online yang menggunakan momen ini sebagai waktu untuk memberikan diskon besar-besaran. Bahkan, konsumen juga bisa mendapatkan berbagai voucher menarik.

6. Akhir Minggu

Promo ini mungkin tak akan sesering promo-promo yang ada di atas. Meskipun begitu, Anda juga tidak dapat melewatkan kesempatan ini untuk mendapatkan barang dengan harga yang murah dan berkualitas.

Biasanya ada beberapa toko online yang menawarkan program ini untuk menarik perhatian konsumen. Anda bisa mencoba membuka toko-toko online dan melihat promo-promo menarik yang sedang berlangsung.

Perhatikan Lebih Detail Ketentuan Sebelum Membeli

Meskipun banyak sekali momen untuk mendapatkan promo menarik, pastikan untuk tetap membaca dengan teliti setiap ketentuan yang ada dalam situs-situs online tersebut. Dengan begitu, Anda nantinya tetap dapat berbelanja secara nyaman dan aman serta terhindar dari risiko-risiko yang tidak diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.