Sukses

10 Cara Hidup Hemat Meski Kita Tak Bisa Atur Keuangan

10 Cara Hidup Hemat Meski Kita Tak Bisa Atur Keuangan

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu merasa susah sekali untuk bisa berhemat? Sudah berusaha untuk menekan kebiasaan belanja yang tidak perlu, atau mengurangi waktu nongkrong dan bermain, tapi tetap saja ujungnya kamu kehabisan uang atau tidak bisa menabung.

Kebutuhan dan tuntutan hidup yang kian hari kian meninggi rasanya seperti tidak mungkin untuk bisa dicukupi. Namun, bagaimanapun juga, menabung tetap ingin kamu realisasikan apapun alasannya.

Nah, untuk bisa hidup lebih efektif dan efisien kamu tidak perlu menjadi pakar ahli dalam mengatur keuangan. Mereka yang nggak terlalu pandai mengatur keuangan pun bisa mengupayakan hidup yang lebih efektif dan efisien soal pengeluaran.

Penasaran? Dikutip dari Swara Tunaiku, ini 10 cara hidup hemat meski kita tak bisa mengatur keuangan:

1. Hindari promosi-promosi yang menjebak

Iklan dan promosi diskon ini sangat lazim menjebak seseorang untuk mengeluarkan uang pada sesuatu yang tidak ia butuhkan. Kamu perlu mewaspadai teknik pemasaran seperti “beli 2 gratis 1” atau potongan harga “up to sekian persen” saat kamu berbelanja.

Jika barang yang sedang dipromosikan nggak kamu butuhkan banget, sebaiknya urungkan niat untuk membelinya, meski promosi yang ditawarkan sangat menggiurkan.

2. Tinjau ulang pengeluaranmu

Rajin-rajinlah mengumpulkan semua struk pengeluaran kamu selama satu bulan. Lalu, di penghujung bulan, kamu bisa tinjau ulang semua pengeluaranmu, dan jumlahkan nominalnya. Sekiranya ada pengeluaran tidak perlu, kamu bisa mencatatnya agar di bulan berikutnya tidak terulang. 

Kamu bisa alokasikan dana-dana tidak penting ke rencana rekreasi atau hobi. Meski hal tersebut tidak menurunkan pengeluaran, tapi setidaknya apa yang kamu dapat lebih baik ketimbang “jajan” yang enggak penting. Namun, usahakan tidak sampai membuat pengeluaran membengkak terlalu besar ya.

Simak video pilihan di bawah ini:

https://www.vidio.com/watch/783544-3-taktik-agar-tak-bokek-di-tanggal-tua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Berbagi

Jika kamu sedang memerlukan suatu barang yang tidak kamu gunakan setiap waktu, kamu bisa meminjam milik tetangga alih-alih membeli. Sayang jika kamu membeli sesuatu tapi hanya digunakan sekali seumur hidup, selebihnya dianggurkan saja.

Atau, kamu bisa mengajak orang-orang terdekatmu untuk membeli sesuatu secara patungan untuk digunakan bersama-sama.

4. Berbelanjalah dengan cermat

Jangan sampai kamu salah membaca harga saat berbelanja, sudah begitu tidak memperhatikan saat akan membayar. Kalau jatuhnya lebih murah mungkin kamu akan untung, tapi bagaimana kalau justru kamu harus membayar lebih mahal? Tentu akan sangat merugikan bukan.

Kamu harus pandai-pandai memilah dan memilih barang yang kamu butuhkan, usahakan membeli barang yang lebih murah tetapi memiliki fungsi yang sama.

Selain itu, sebaiknya kamu jangan berberbelanja dalam keadaan lapar. Sebab, hal ini bisa  membuatmu bersikap impulsif lalu membeli sesutau yang sebetulnya tidak kamu butuhkan.

3 dari 5 halaman

5. Hemat paket data

Zaman sekarang, internet seakan menjadi bagian dari kebutuhan  semua orang, Masalahnya, biaya paket data internetmu bisa melonjak tinggi kalau kamu enggak tahu menggunakannya secara bijaksana. Cobalah untuk menggunakan paket data ponselmu hanya untuk berkomunikasi atau browsing dengan akses data rendah.

Untuk video streaming, memperbarui aplikasi, atau melakukan aktivitas internet lainnya yang membutuhkan paket data dalam jumlah besar, kamu siasati di tempat-tempat yang terkoneksi dengan jaringan nirkabel. 

6. Manfaatkan transportasi umum

Di zaman sekarang, fasilitas transportasi umum bisa dijadikan solusi untuk menghemat pengeluaran. Banyaknya jenis transportasi yang didominasi oleh transportasi online kerapkali menawarkan potongan harga yang bisa membantumu menghemat pengeluaran.

Selain itu, di kota besar seperti Jakarta, kamu bisa transportasi umum seperti Trans Jakarta dan Commuter Line sudah sangat murah dan menjangkau hampir seluruh bagian kota. Jadi kamu bisa jadikan salah satu opsi untuk kebutuhan perjalanan harianmu.

4 dari 5 halaman

7. Bijak dalam bersosialisasi

Sosialisasi memang perlu, tapi tak ada salahnya kamu menyiasati kebutuhan yang satu ini. kamu bisa merekomendasikan tempat favorit yang nyaman tanpa harus mengeluarkan biaya berlebihan saat ingin berkumpul bersama teman.

Atau jika memungkinkan, kamu bisa menawarkan rumahmu untuk lokasi berkumpul secara rutin. Toh kamu tetap bisa melakukan banyak hal yang nggak kalah seru bersama teman-temanmu. 

8. Berlangganan dengan bijak

Perhatikan berbagai aktivitas dan biaya berlanggananmu, mulai dari langganan akses pusat kebugaran, televisi kabel, atau bahkan layanan streaming lagu. Kalau menurutmua nggak terlalu diperlukan, lebih baik akses langgananmu dihentikan saja, agar pengeluaran kamu lebih hemat.

5 dari 5 halaman

9. Konsisten

Delapan kiat di atas bisa membantumu mengatur keuanganmu, tapi satu hal yang enggak boleh kamu lewatkan, yaitu “konsisten”. Tanpa konsistensi, hidup yang efektif dan efisien tetap hanya sebatas angan-angan saja. 

10. Hindari teman yang enggak mendukung usahamu untuk berhemat

Bukan berarti kamu tidak terbuka untuk berteman dengan siapa saja. Namun, pilih-pilih teman  bukan sesuatu yang salah juga. Jika kamu ada di lungkungan pertemanan yang hanya peduli dengan berfoya-foya menghamburkan uang, kamu juga yang repot.

Jadi, nggak ada salahnya memilih lingkungan pertemenan.Nah, itulah 10 kiat mengupayakan hidup yang lebih efektif dan efisien perihal keuanganmu. Mudah? tentu tidak! Dibutuhkan perjuangan dan ketelitian secara konsisten, tapi hal itu perlu dilakukan kalau kamu ingin menjalani hidup yang lebih tenang dan tidak kekurangan. Ingat ya, “KONSISTEN”. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini