Sukses

Hati-Hati, Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Kredit Mobil Bekas

Ada 7 hal yang harus dihindari agar tidak mengalami kesalahan saat membeli mobil bekas dengan sistem kredit. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Sekarang ini, memiliki mobil bukan berarti boros karena termasuk ke dalam salah satu kebutuhan keluarga. Bahkan dengan memiliki mobil justru bisa memiliki penghasilan tambahan, lho. Hal ini seperti yang sudah familiar kita kenal, jasa transportasi online. 

Harga beli dan perawatan yang membutuhkan biaya banyak kadang membuat orang berpikir dua kali untuk membeli mobil. Tapi kalau mendengar pengalaman orang yang memanfaatkannya sebagai jasa transportasi online, rasanya pertimbangan tadi tidak lagi jadi masalah.

Sebenarnya untuk bisa memiliki mobil tidak harus mahal. Kita bisa memilki mobil dengan bujet terbatas, salah satu caranya dengan membeli mobil bekas secara kredit. Tapi perlu diingat, membeli dengan sistem ini tentu saja berisiko.

Dikutip dari Swara Tunaiku, ada 7 hal yang harus dihindari agar tidak mengalami kesalahan saat membeli mobil bekas dengan sistem kredit:

1. Tidak memahami mesin

Saat membeli mobil, pastikan mobil bekas yang dipilih masih memiliki komponen mesin original dan masih berfungsi dengan baik. Jangan sekali-kali membeli mobil bekas yang mesinnya sudah tidak baik, ya.

2. Terburu-buru saat test-drive

Dengan melakukan test-drive, calon pembeli bisa lebih merasakan kondisi dan performa mesin mobil. Saat test-drive, lakukan dengan perlahan dan perhatikan suara dan getaran mesin, serta asap pada knalpot mesin. Jika tidak ada masalah dengan itu semua, berarti mobil bekas dalam keadaan baik dan bisa dibeli. 

3. 4Tidak membawa mekanik

Membawa mekanik ke showroom sangat dianjurkan untuk calon pembeli yang tidak mengerti mesin. Dengan membawa mekanik atau orang kepercayaan bisa memberikan masukan tentang kondisi mobil tersebut. Sehingga keputusan untuk jadi membeli atau tidak pun sudah didasari pertimbangan masak-masak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Tidak memeriksa catatan service

Karena merupakan mobil bekas, calon pembeli wajib hukumnya untuk memeriksa kondisi mobil. Kondisi ini sangat dipengaruhi oleh perawatan dari pemilik sebelumnya. Dalam catatan service, jangan lupa untuk memeriksa catatan rutin di-service, ya.

Jika dalam catatan service tersebut pernah mengalami pergantian komponen, pastikan diganti dengan yang asli.

5. Lupa memeriksa sejarah mobil

Selain catatan service, sejarah dan latar belakang mobil juga harus diperiksa. Tanyakan pada pemilik sebelumnya hal-hal yang pernah dialami mobil, seperti tabrakan hebat, terendam banjir, dll. Hal ini untuk mencegah performa mobil yang buruk saat digunakan nantinya.

3 dari 3 halaman

6. Menghitung cicilan

Tentu setiap orang tidak ingin dikejar hutang bertahun-tahun. Jika ingin mendapatkan hasil harga akhir yang rendah dan tidak melulu dikejar hutang, sebaiknya jangan mengambil tenor cicilan yang terlalu lama.

7. Tidak melakukan perbandingan

Membeli mobil bekas memang jauh lebih murah. Membeli mobil bekas secara kredit tentu mempermudah seseorang memiliki mobil pribadi dalam waktu cepat dan terjangkau. Namun, pertimbangkan hal ini lebih detail, ya.

Di luar sana memang banyak bertebaran marketing yang mempromosikan mobil dengan kredit murah. Jangan pernah sekali-kali langsung tergiur dengan tawaran jumlah cicilan yang ditawarkan marketing. Lakukan riset kecil untuk membandingkan harga dengan perusahaan lain.

Caranya cukup mudah, hanya dengan mengecek secara online. Dengan mengecek dan rajin membandingkan harga tentu kesempatan mendapatkan mobil bagus dengan harga terjangkau jadi lebih banyak. 

Jika ingin memiliki mobil secepatnya, membeli mobil bekas secara kredit memang jadi solusi. Namun, sebaiknya memilih mobil bekas tidak diambil secara gegabah dan melupakan 7 kesalahan di atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.