Sukses

Pilihan Camilan Sehat yang Bisa Dikonsumsi di Kantor

Liputan6.com, Jakarta - Ingin memiliki badan yang ideal dan mulai hidup sehat? Berarti sudah saatnya kini Anda mengatur pola makan. Anda harus serius mengonsumsi makanan yang tepat, karena jika tidak maka usaha Anda akan terbuang sia-sia.

Salah satu contoh, meski Anda sudah sarapan dan makan siang dengan makanan sehat dan bergizi seimbang, namun semua itu akan rusak begitu saja jika Anda salah mengonsumsi makanan ringan (snack) di pukul 3 sore.

Lalu, makanan-makanan apa yang pantas menggantikan snack tersebut? Melansir laman marieclaire.com, Kamis (7/12/2017), berikut makanan sehat yang dapat Anda pilih saat pukul 3 sore:

1. Penguat memori

hips.hearstapps.com

Mungkin mengopi sambil makan kue atau permen di kantor sangatlah menyenangkan, namun yang harus diingat mereka cenderung dipenuhi dengan lemak jenuh.

Jika Anda merasa lapar setelah makan siang, the Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan ringan yang mengandung lemak tak jenuh seperti alpukat dan kenari, yang telah terbukti meningkatkan ingatan dan memperbaiki kesehatan jantung.

 

2. Pengganti makanan manis yang lebih baik

hips.hearstapps.com

Kue atau cupcakes ulang tahun milik rekan kerja tentu sangat menggiurkan, namun Anda harus mengganti makanan-makanan manis tersebut dengan yang lebih baik. Anda dapat menggantingkan dengan secangkir buah yang penuh kaya akan serat, seperti buah beri dan apel.

Gula alami yang ada pada buah akan memuaskan hasrat Anda yang ingin mengonsumsi makanan manis dan serat yang terdapat dalam buah akan menambah metabolisme dan membuat Anda lebih kenyang.

1 dari 6 halaman

Selanjutnya

3. Camilan yang lebih enak

hips.hearstapps.com

Siapa yang tidak menyukai makanan ringan yang gurih? Meski sangat enak, namun makanan ringan yang gurih memiliki lemak jenuh, gula, dan sodium yang sangat tinggi.

Sebagai gantinya, Anda dapat mencoba wortel dengan sisi hummus. Hummus adalah sub yang sangat bagus untuk mencicipi makanan lezat asin Anda, sementara veggiest tetap memberikan efek renyah dari keripik.

 

4. Penghemat energi

hips.hearstapps.com

Keripik kelapa tidak hanya enak, tapi juga mengandung protein, zat besi, dan serat bergizi. Mereka mengandung gula dan lemak jenuh, namun beberapa dokter mengatakan bahwa jenis lemak tertentu yang dihasilkan oleh kelapa lebih sehat untuk jantung dan bahkan dapat meningkatkan energi.

Jika Anda lapar, lebih baik memilih keripik kelapa dibandingkan muffin. Para ahli mengatakan bahwa makanan manis, seperti muffin, sering mengandung gula dan rendah nutrisi, yang akan menyebabkan kadar gula darah dan insulin Anda meningkat.

2 dari 6 halaman

Selanjutnya

5. Buah yang lebih baik

hips.hearstapps.com

Pastikan untuk mengindari gula tambahan. Anda dapat coba untuk mengonsumsi jus buah yang lebih sehat. Jus buah dapat tetap mempertahankan serat dan bila dibuat dengan protein seperti bayam dan yogurt, bahkan bisa menggantikan makanan kecil.

 

6. Protein padat

hips.hearstapps.com

Buncis adalah sumber protein dan serat yang baik, yang berarti mereka akan mendapatkan dan menjaga Anda kenyang. Anda bisa mencoba membuat sendiri dan bereksperimen dengan rempah-rempah atau dari merek seperti kacang yang baik.

3 dari 6 halaman

Selanjutnya

7. Serat sehat

hips.hearstapps.com

Irisan apel dan selai kacang merupakan makanan yang lezat dan sehat. Anda dapat mengganti mentega almond jika Anda tidak menyukai kacang.

 

8. Lemak alami yang baik

hips.hearstapps.com

Jika Anda lebih suka makan berat daripada makanan ringan, Anda dapat mencoba roti, namun jika malas membawanya, Anda dapat menggantinya dengan cracker berserat tinggi.

4 dari 6 halaman

Selanjutnya

9. Makanan ringan yang sehat

hips.hearstapps.com

Anda dapat mengganti keripik kentang dengan keripik kacang hijau yang lebih sehat. Keripik kacang hijau mengandung protein dan serat juga yang baik untuk tubuh.

 

10. Protein yang baik

hips.hearstapps.com

Anda bisa coba untuk mengonsumsi yoghurt ala Yunani dengan beri. Menu ini dapat menjadi kudapan sore yang tepat bagi Anda yang menyukai makanan manis. Namun tidak disarankan untuk mengonsumsi yoghurt ditambah madu atau sirup.

5 dari 6 halaman

Selanjutnya

11. Makanan manis yang lebih baik

hips.hearstapps.com

Jika Anda memiliki beberapa menit untuk menyiapkan makanan ringan sebelum berangkat kerja, cobalah campuran sendiri. Anda bisa campurkan kacang dan biji mentah, atau Anda dapat juga mencoba kombinasi kacang almond, kenari, goji berry, dan biji labu.

 

12. Bilah energi sehat

hips.hearstapps.com

Meski bar protein dan energi bisa sangat menggoda, namun banyak mengonsumsi bilah energi sehat dalam kemasan terlalu sering juga kurang baik. Kecuali merek Rx bars yang terbuat dari putih telur, buah, dan kacang-kacangan.

Artikel Selanjutnya
Doyan Makan Sushi? Ini Pilihan yang Tak Bikin Gemuk
Artikel Selanjutnya
Bahaya, Tren Camilan Manis untuk Anak Terus Meningkat