Sukses

Wajib Tahu! Ini 13 Kode Misterius yang Sering Dipakai Bos Anda

Tak setiap saat atasan akan mengungkapkan apa yang dimaksudnya secara terang-terangan. Maka dibutuhkan keahlian untuk mengerti maksudnya

Liputan6.com, Jakarta - Tak setiap saat atasan akan mengungkapkan apa yang dimaksudnya secara terang-terangan. Oleh karena itu, dibutuhkan keahlian kita untuk bisa membiasakan diri dengan gaya komunikasi atasan.

Terlebih bagi kita yang kurang peka, tentu butuh perhatian dan pemahaman yang ekstra untuk mengetahui maksud sebenarnya yang dimaksud atasan.

Melansir laman businessinsider.sg, Senin (11/12/2017), berikut beberapa kode misterius atasan beserta maksud sebenarnya:

1. "Saya percaya Anda untuk membuat keputusan yang tepat mengenai hal ini"

Di satu sisi, ucapan ini bisa berarti atasan memberi Anda lebih banyak otoritas dan ingin memberdayakan Anda, namun di sisi lain ini bisa berarti atasan ingin Anda bekerja lebih mandiri dan lebih bertanggung jawab atas pekerjaan Anda.

static.businessinsider.sg

 

2. "Waktu untuk ini tidak baik sekarang"

Mungkin ini benar-benar bukan saat yang tepat untuk mewujudkan ide Anda, bisa saja sedang ada kendala keuangan ataupun logistik.

Namun, bisa juga atasan Anda mungkin mengatakan bahwa tidak akan ada saat yang tepat untuk gagasan ini. Atau bisa jadi, mungkin saja maksud perkataannya itu adalah Anda tidak melakukan pekerjaan dengan baik dalam mempresentasikan gagasan itu dan Anda perlu merevisi proposal Anda untuk mempresentasikan kembali di hadapannya.

3. "Bisnis sangat lamban tahun ini"

Maksud perkataan ini menurut artikel Psychology Today yang ditulis oleh Taylor, "Anda tidak akan mendapatkan kenaikan gaji."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

4. "Anda tahu berapa banyak yang dipertaruhkan di sini"

static.businessinsider.sg

Sentimen yang mendasari di sini adalah: "Jangan membuat saya terlihat buruk." Atasan Anda mungkin merasakan tekanan dari manajernya, jadi bos Anda ingin Anda lebih berhati-hati dalam tugas ini.

5. "Sudah lepas saja pekerjaannya"

Sekali lagi, atasan Anda mungkin stres dan kewalahan dengan pekerjaan mereka sendiri. Dan mereka tidak ingin repot menghadapi situasi itu sendiri. Oleh karena itu, mereka mungkin juga frustrasi dan menyerah karena Anda tidak mengambil cukup tanggung jawab atas keputusan dan tindakan Anda sendiri.

6. "Saya ingin Anda bisa bekerja bersama tim"

Komentar ini bisa menjadi pengingat lembut bahwa kolaborasi itu penting. Mungkin atasan Anda adalah tipe orang yang memprioritaskan setiap orang untuk terus memikirkan gagasan baru yang berani. Atau bisa juga itu berarti mereka punya alasan untuk percaya bahwa mungkin Anda belum pernah bekerja dalam tim di masa lalu.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

7. "Saya tidak yakin apakah saya bisa mempresentasikan ide itu ke lantai atas ?"

"Lantai atas" di sini mungkin mengacu pada manajemen senior. Itu maksudnya, bisa jadi atasan Anda tidak berani 100 persen menjual ide Anda dan atasan Anda mungkin merasa khawatir jika terlihat buruk di depan atasannya.

8. "Apakah Anda memiliki rencana khusus untuk proyek ini?"

Mungkin saja bos Anda mengungkapkan kekhawatiran bahwa Anda tidak menetapkan prioritas dengan benar. Maka sebagai alternatif, atasan Anda hanya bisa memeriksa untuk melihat apakah Anda kewalahan dengan tugas lainnya.

9. "Tidak buruk"

static.businessinsider.sg

Singkatnya, jika atasan Anda mengatakan bahwa tugas Anda "tidak buruk," Anda mungkin bakal diberi tambahan pekerjaan di masa depan.

Atau bisa jadi, mungkin atasan Anda sengaja menahan pujian karena tak ingin Anda mulai mengharapkan imbalan, seperti kenaikan gaji atau promosi. Jadi jangan menganggapnya terlalu pribadi.

10. "Saya tidak memikirkan itu"

Ini bisa jadi merupakan umpan balik yang sangat positif, yang berarti Anda telah menemukan ide yang cemerlang.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

 

11. "Anda melakukan pekerjaan yang bagus di X, bahwa saya ..."

Anda telah mengesankan atasan Anda sampai pada titik di mana dia merasa yakin akan memberi Anda tugas yang lebih sulit.

12. "Bagaimana Anda melihat diri Anda dalam lima tahun?"

Pertanyaan ini biasanya muncul saat review kinerja, dan ini bisa berarti beberapa hal. Entah Anda melakukan pekerjaan yang hebat dan atasan Anda ingin tahu.

Atau, jika Anda mendapat umpan balik negatif akhir-akhir ini, atasan Anda mungkin mencoba untuk mencari tahu apakah peran dan organisasi ini sesuai untuk Anda. Dalam hal ini, ini adalah cara untuk benar-benar menentukan apakah ada celah yang parah dan ketidakcocokan antara Anda dan perusahaan.

13. "Anda suka bekerja di sini?"

static.businessinsider.sg

Ketika atasan Anda mengajukan pertanyaan ini kepada Anda, itu bisa saja bahwa dia benar-benar memeriksa untuk memastikan Anda bahagia atau atasan Anda pernah mendengar tentang sikap negatif Anda dari rekan kerja. Jika sebenarnya Anda tidak menyukai pekerjaan Anda, perasaan itu mungkin lebih jelas dari perkiraan Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini