Sukses

Ingin Temukan Karier Impian? Jawab Dulu 5 Pertanyaan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Siapa pun itu, pasti pernah mengalami dilema soal karier. Ini wajar terjadi karena merupakan bagian dari quarter life crisis yang yang umumnya dirasakan ketika lulus kuliah.

Seperti dikutip dari Swara Tunaiku, menemukan karier yang cocok bisa diibaratkan seperti mencari jodoh. Untuk mempermudah pencarian karier yang tepat, coba ajukan pertanyaan-pertanyaan ini pada diri sendiri:

1. Lingkungan kerja seperti apa yang sesuai dengan kepribadianmu?

Lingkungan kerja untuk orang introvert tentu tidak sama dengan orang extrovert. Orang introvert biasanya lebih menyukai lingkungan kerja yang tenang, sedangkan orang extrovert lebih menyukai kantor yang sibuk dan bising.

Pertimbangan lain selain kondisi lingkungan adalah ketemu klien, frekuensi berbicara di depan umum, dan kerja sama tim.

2. Kemampuan macam apa yang kamu kuasai?

Secara umum kemampuan bisa dibagi menjadi dua, hard skill dan soft skill. Hard skill merupakan kemampuan teknis seperti pemrograman atau bahasa asing yang biasanya sesuai dengan latar akademis, bakat, atau pelatihan. Sedangkan soft skill merupakan kemampuan dalam bentuk sikap dan karakter, seperti kemampuan berbicara, analisis, kerja sama, kepemimpinan, dan memecahkan masalah.

Untuk pertanyaan kedua ini bisa diketahui dengan mengenal lebih dulu tugas seperti apa yang biasanya selesai dengan baik. Pendapat umum tentang dirimu juga bisa membantu menjawabnya.

3. Hal apa yang kamu sukai?

Mungkin kamu sudah sering mendengar seruan, “Kejarlah passion-mu!” Tapi apakah kamu sudah mengetahui seperti apakah passion-mu itu? Salah satu cara mengetahuinya adalah dengan mengetahui hal-hal apa saja yang membuatmu tertarik dan semangat untuk memusatkan energi, waktu, dan perhatian.

Sebagai contoh, Risang adalah orang yang suka membaca yang mana dia bukanlah orang yang pintar berbicara. Nah, orang macam Risang yang betah nongkrong di depan laptop seharian inilah tipe pekerja yang lebih tertarik menuangkan pikiran dan pengalaman ke dalam tulisan.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Gaya hidup seperti apakah yang kamu harapkan?

Ada orang yang suka dengan gaya hidup sederhana dan minimalis, tapi ada juga yang lebih tertarik dengan gaya hidup glamor. Besaran gaji sangat berpengaruh di sini. Sebaiknya kamu memilih karier yang sanggup mencukupi kebutuhan dan gaya hidupmu. Atau kamu juga bisa menyesuaikan gaya hidup dengan gaji bulanan.

5. Tempat macam apa yang ingin kamu tinggali?

Lingkungan tempat tinggal yang kamu harapkan juga menentukan pilihan karier. Mulailah ajukan pertanyaan, apakah kamu menginginkan menetap di pusat kota, pinggiran kota, atau nomaden alias berpindah-pindah? Apakah lebih tertarik punya apartemen atau rumah tapak? Atau kamu lebih suka tinggal dekat dengan alam, daripada area permukiman? 

Menemukan karier ideal yang mampu memenuhi semua kriteria memang tidak mudah. Apalagi kalau sudah dihadapkan dengan kondisi yang memungkinkanmu untuk bertindak realistis. Tapi setidaknya dengan menjawab 5 pertanyaan di atas, kamu bisa mengenal diri sendiri dan lebih dekat dengan karier impian.

Artikel Selanjutnya
Ditinggal Nikah Mantan, Haruskah Langsung Cari Pengganti?
Artikel Selanjutnya
Kesuksesan Gadis Ini Dimulai dari Mimpi Besar