Sukses

7 Cara Menabung untuk Rayakan Bridal Shower Bareng Teman

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini bridal shower menjadi acara yang tak pernah lepas dari pernikahan. Pesta lajang yang biasa diadakan sebelum acara pernikahan ini, juga membutuhkan biaya yang tak sedikit lho! Sebelum memulai acara, kamu perlu memikirkan soal bujet yang perlu dianggarkan.

Jangan sampai keuanganmu mendadak bengkak sebelum hari pernikahan. Jika kamu masih ada sisa waktu untuk mengumpulkan uang, yuk simak cara menabung untuk mengadakan bridal shower bersama sahabat-sahabatmu seperti dikutip dari Swara Tunaiku:

1. Tanamkan mental untuk berhemat

Untuk acara pernikahan sendiri sudah membutuhkan biaya yang cukup besar. Apabila kamu ingin mengadakan bridal shower, kamu harus punya biaya tambahan. Oleh karena itu, sejak awal tanamkan mental berhemat. Kurangi aktivitas nongkrong atau belanja yang nggak perlu.

2. Berinvestasi

Kalau kamu memiliki penghasilan lebih, kamu bisa mulai melirik macam-macam investasi. Emas mungkin menjadi pilihan investasi yang tepat. Bisa saja beberapa tahun ke depan.

3. Pisahkan Pos Keuangan

Buat anggaran di masing-masing pos pernikahan. Misalnya untuk bridal shower dan pernikahan anggarannya jangan kamu gabungkan, tentukan sendiri-sendiri budgetnya. Kalau nggak dipisah, keuanganmu bakal kacau. Kamu jadi enggak tahu budget yang benar-benar dibutuhkan untuk bridal shower.

4. Mengurangi Budget yang Tidak Perlu

Cara agar bridal shower tetap diadakan tanpa mengacaukan keuanganmu adalah dengan berhemat. Kamu bisa mulai dengan menentukan lokasi yang tidak terlalu mewah, misal pilih saja dibanding kafe, atau lebih bagus lagi dirumah sendiri. dengan begitu penyediaan konsumsi pun nggak harus beli. Kamu bisa minta tolong keluarga untuk membuatkan.

 

1 dari 2 halaman

5. Booking Tempat Jauh-jauh Hari

Apabila kamu memutuskan untuk menyewa tempat, kamu harus melakukan reservasi lebih awal. Dengan cara ini, kamu bisa menghemat pengeluaran, karena mungkin saja kamu akan memperoleh diskon. Lebih beruntung lagi kamu mempunyai kenalan di tempat penyewaan tersebut, kamu bisa nyaman bernegosiai soal harga.

6. Booking Tempat Jauh-jauh Hari

Buat acara bridal shower-mu terlihat unik dan menarik. Misal, kamu memilih tema pesta kebun, teman-temanmu dianjurkan untuk membawa bekal masing-masing. Dengan begitu kamu bisa menghemat pengeluaran. Tidak perlu malu kapada temanmu, cukup jelaskan bagaimana konsep acaramu dan mengapa memilih tema ini.

7. Mencicil Kebutuhan

Cicil keperluan untuk bridal shower secara bertahap ya. Misal, bulan ini membayar penyewaan lokasi, bulan berikutnya memesan konsumsi, selanjutnya menentukan rias dan penampilan yang seperti apa. Semua harus dilakukan pelan-pelan. Melunasi semua biayanya langsung, menjelang acra bridal shower, akan membuatmu berat mengeluarkan uang.

Apapun konsep yang kamu pilih untuk bridal shower, yang jelas acara ini butuh budget. Untuk itu menabung sangat diperlukan. Lebih baik lagi kalau kamu punya cara kreatif untuk mendapatkan uang.

Artikel Selanjutnya
3 Hal yang Harus Kamu Hindari Biar Nongkrong Jadi Lebih Asyik
Artikel Selanjutnya
Takut Gugup Saat Kencan Pertama? Coba 6 Ide Ini