Sukses

Sewa Rumah Mahal, Firma Hukum Ini Pilih Beli Jet Pribadi Rp 40 M

Tingginya harga sewa dan rumah di Bay Area, membuat sebuah Firma Hukum Houston lebih pilih membeli jet pribadi.

Liputan6.com, Jakarta - Tingginya harga sewa dan rumah di Bay Area, membuat sebuah Firma Hukum Houston lebih pilih membeli jet pribadi untuk pengacara. Harga jet pribadinya bernilai fantastis, yaitu senilai US$ 3 juta atau Rp 40,62 miliar (kurs US$ 1=Rp 13.542).

Adalah Patterson dan Sheridan, sebuah firma hukum kekayaan intelektual yang berkantor pusat di Houston, yang pilih membeli jet pribadi bernilai fantastis. Jet pribadi yang berisi sembilan kursi tersebut bertujuan untuk mengantar pengacara patennya ke klien di Bay Area sebulan sekali.

Meskipun jet pribadi tersebut dianggap terlalu mahal, namun laporan L.M. Sixel Houston Chronicle menyatakan biaya tersebut lebih murah daripada mempekerjakan pengacara lokal, dan bahkan lebih murah daripada memindahkan pengacara Texas ke bisnis di Silicon Valley ke daerah tersebut. Demikian mengutip laman Business Insider, Minggu (10/12/2017).

"Orang-orang muda yang ingin kami sewa di luar sana memiliki harapan tinggi yang sulit dipenuhi," kata Bruce Patterson, seorang partner di firma tersebut, "Sewa begitu tinggi sehingga mereka bahkan tidak mampu membeli mobil."

Menurut Zillow, sewa rata-rata rumah di San Francisco adalah US$ 4.450 atau Rp 60,26 juta, sementara harga rumahnya sendiri rata-rata di bawah US$ 1,2 juta atau Rp 16,25 miliar. Ini merupakan harga sewa rumah di San Jose, pinggiran kota yang populer di kalangan pekerja Silicon Valley. Sementara jika untuk yang lebih rendah, harganya tetap masih lebih dari dua kali lipat sewa rata-rata di Houston.

Tentu biaya ini berbeda jika diganti dengan pesawat. Setiap penerbangan untuk biaya perusahaan sekitar US$ 1.900 atau Rp 25,73 juta per penumpang, ditambah biaya operasi sebesar US$ 2.500 atau Rp 33,85 juta per jam. Namun karena pengacara tersebut bekerja dalam penerbangan, maka perjalanan tiga sampai empat jam dapat ditagih.

Ditambah lagi, penerbangan pribadi melindungi setiap pekerjaan rahasia dan menghemat waktu pengacara sekitar 36 jam kolektif yang akan mereka habiskan lebih awal, menunggu keamanan, dan memeriksa tas dalam penerbangan komersial.

businessinsider.sg

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa pihaknya masih dapat menawarkan kepada perusahaan dan inventaris untuk biaya yang lebih rendah karena sebagian besar pekerjaan paten dilakukan di Houston. Di wilayah itu, real estate komersial 43 persen lebih murah, gaji 52 persen lebih rendah, dan persaingan untuk bakat teknis jauh lebih rendah.

"Kami menerbangkannya penuh," kata Patterson, "ini bukan barang mewah."

Ini juga merupakan titik penjualan untuk merekrut pengacara muda yang ingin bekerja sama dengan perusahaan teknologi tinggi namun tidak mampu membayar biaya hidup di Silicon Valley. Kunjungan sering ke California juga membawa klien baru termasuk Intuit, Western Digital, dan Cavendish Kinetics.

Mungkin beberapa perusahaan mencari bakat di Los Angeles, tetangga Silicon Valley di selatan, bisa mendapatkan keuntungan dari strategi ini.

Sebuah laporan dari University of Southern California and Los Angeles Business Council yang diterbitkan awal tahun ini menemukan bahwa biaya perumahan yang selangit di Los Angeles menghambat pengusaha untuk menarik "orang terbaik" atau bakat terbaik ke perusahaan mereka.

Sekitar 60 persen pengusaha yang disurvei mengatakan biaya hidup tinggi di Los Angeles mempengaruhi retensi karyawan, dengan 75 persen biaya perumahan penamaan sebagai perhatian khusus. Hampir semua orang mengatakan bahwa mereka memandang biaya perumahan yang tinggi sebagai penghalang untuk mempekerjakan karyawan baru tingkat menengah dan atas.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.