Sukses

Ingin Perusahaan Lirik Resume Anda? Coba 4 Cara Ini

Berikut beberapa cara mudah untuk memperbaiki resume Anda agar dapat meyakinkan perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Resume merupakan sesuatu yang sangat penting saat melamar kerja. Resume dapat membantu perusahaan untuk melihat pribadi calon karyawannya.

Oleh karena itu, Anda perlu hati-hati dalam membuat sebuah resume. Sedikit saja kesalahan, baik kesalahan ejaan atau tata bahasa--pada resume Anda, bisa membuat perusahaan ragu dan bahkan dapat menghalangi Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian. Tentu Anda tak mau bukan?

Melansir dari laman businessinsider.sg, Sabtu (9/12/2017), berikut beberapa cara mudah untuk memperbaiki resume Anda agar dapat meyakinkan perusahaan:

1. Jangan mengandalkan pemeriksa ejaan

Alat pemeriksa ejaan atau alat pembantu lainnya mungkin bisa menjadi penolong yang hebat bagi pelamar kerja agar memiliki aturan ejaan yang benar. Namun kenyataannya, alat tersebut tidak akan menyelesaikan semua masalah Anda.

Alat tersebut tidak akan selalu melihat perbedaan antara "manager" dan "manger," kesalahan yang paling umum dilakukan klien menurut konsultan resume studio Leavy-Detrick dan Jared Redict.

Hal yang sama berlaku juga untuk pasangan membingungkan lainnya seperti "ensure" dan "insure", "complement" dan "compliment", serta "affect" dan "effect".

Redick menganjurkan agar Anda mengoreksi dokumen Anda secara teliti. Jika perlu, mintalah seorang teman terpercaya untuk melihatnya sebelum Anda mengirimkannya.

 

2. Pilih gaya Anda dan tetap konsisten

Beberapa masalah gaya, seperti apakah menggunakan koma atau tidak. Kebanyakan perusahaan akan membebaskan Anda dalam menulis resume. Pastikan Anda tetap konsisten dan ikuti panduan Anda sendiri.

"Resume adalah dokumen formal dan alat pemasaran, jadi Anda bisa menentukannya," ujar Redick.

Selama Anda tetap berkomitmen terhadap pilihan Anda dan jangan beralih di antara keduanya, maka percayalah Anda akan baik-baik saja.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Perbaiki dokumen Anda, namun jangan lupa istirahat dulu

"Selalu cek dokumen Anda setidaknya dua kali, dan sebaiknya lakukan pengecekan saat Anda santai. Dengan begitu Anda bisa memeriksanya dengan pikiran yang jernih," ujar Leavy-Detrick.

 

4. Cetak resume dan bacalah dengan lantang

"Salah satu cara terbaik yang saya temukan untuk mengoreksi adalah mencetak dokumen, berdiri, dan membacanya dengan keras," kata Redick.

"Ini membantu saya menangkap tidak hanya kesalahan ketik dan kesalahan kecil, tapi juga masalah gaya yang mungkin bisa saya lewatkan," tambahnya.

Dengan sedikit memperhatikan resume sebelum mengirimkannya, Anda dapat yakin bahwa Anda memberi kesempatan yang lebih baik untuk mengesankan orang yang tepat.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.