Sukses

PGN Siap Pasok Gas ke 5.000 Rumah Tangga di Mojokerto Awal 2018

Total jumlah sambungan yang sudah dibangun PGN mencapai 185.991 Sambungan Rumah (SR) di 14 Provinsi.

 

Liputan6.com, Mojokerto - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) telah menuntaskan pembangunan jaringan gas rumah tangga sebanyak 5.000 sambungan di Kota Mojokerto. Pembangunan jaringan gas pipa yang merupakan bagian dari penugasan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) kepada PGN.

Selain Kota Mojokerto, penugasan kepada PGN dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian ESDM tahun 2017 juga meliputi wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (6.031 SR), Kota Bandar Lampung (10.321SR), Rusun PUPR Kemayoran (7.426 SR).

Sebagai informasi, mengacu data pada Kementerian ESDM, sejak 2009 sampai 2016 telah terlaksana pembangunan jargas rumah tangga. Total jumlah sambungan yang sudah dibangun sebanyak 185.991 Sambungan Rumah (SR) di 14 Provinsi yang meliputi 26 Kabupaten dan Kota.

"Pengaliran gas ke sambungan pipa rumah tangga di Mojokerto rencananya akan dimulai pada awal tahun 2018. Sumber Gas tersebut bersumber dari Lapangan Gas Husky yang dioperatori oleh CNOOC dengan volume 0,2 mmscfd," tutur Timbul selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pembangunan jargas Mojokerto, Kamis (7/12/2017).

Sebaran wilayah pemasangan jaringan gas kota Mojokerto dengan menggunakan dana APBN 2017 dari Kementerian ESDM meliputi wilayah Kelurahan Mentikan, Kelurahan Kauman, Kelurahan Miji, Kelurahan Prajurit Kulon, dan Kelurahan Surodinawan" ungkap dia.

"Dengan tuntasnya sambungan jargas di rumah-rumah tangga di Mojokerto, diharapkan secara bertahap masyarakat akan dapat menikmati energi gas bumi yang bersih, lebih hemat, serta lebih ramah lingkungan," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terus diperluas

Jargas (City Gas) terus diperluas jangkauannya oleh Pemerintah, dan PGN sebagai salah satu pelaksana tugas pembangunan Jargas Rumah Tangga terus berupaya untuk memperluas pemanfaatan gas bumi dengan mengembangkan wilayah jangkauan jargas di Jawa Timur.

Setelah pada tahun-tahun sebelumnya PGN mengelola 27.700 sambungan Jargas di rumah-rumah dan rumah susun di Kota Surabaya, maka saat ini adalah momentum bagi perluasan pemanfaatan gas bumi bagi kota-kota lain disekitar Surabaya, salah satunya adalah Kota Mojokerto.

"Pengaliran gas bumi di Kota Mojokerto sebetulnya bukan hal baru. Kota Mojokerto sebelumnya telah teraliri gas dalam Program PGN Sayang Ibu sebanyak 723 rumah di Kelurahan Wates dan di Perumahan Griya Permata Ijen, dengan pemakaian rata-rata 11.000 m3 setiap bulannnya," ujar Timbul.

Saat ini untuk wilayah Jawa Timur, PGN telah melayani 48.159 pelanggan rumah tangga, 209 pelanggan komersial, dan 475 pelanggan industri.

Secara nasional PGN telah membangun pipa sepanjang lebih dari 7.270 Km pipa gas bumi, memasok lebih dari 1.658 industri besar dan pembangkit listrik, lebih dari 1.930 pelanggan komersial, SPBG di 10 titik, dan 204.000 pelanggan rumah tangga yang tersebar di 19 kabupaten/kota di 12 provinsi di seluruh Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PGN merupakan Perusahaan Gas Negara yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi.

    PGN