Sukses

Bekraf Festival 2017, Ajang Unjuk Gigi Pelaku Industri Kreatif

Liputan6.com, Jakarta -
Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) menyelenggarakan Bekraf Festival 2017 untuk memamerkan capaian kinerjanya pada masyarakat setelah berdiri selama dua setengah tahun. Acara yang diselenggarakan dari 7- 10 Desember 2017 ini digelar di Kota Bandung.
 
Ada dua lokasi yang dipakai BEKRAF untuk menggelar acara ini yakni Bandung Creative Hub dan Gudang Penyimpanan PT KAI Cikudapateuh.
 
Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf berharap bahwa Festival ini dapat lebih mendekatkan BEKRAF kepada masyarakat dalam fungsinya sebagai fasilitator dan katalisator pembangunan ekonomi kreatif di Indonesia. 
 
“Saya berharap dengan penyelenggaraan BEKRAF festival ini, masyarakat dapat mendapatkan gambaran secara utuh hasil kerja selama ini. Masyarakat diharapkan dapat memahami bagaimana program program unggulan dari enam kedeputian BEKRAF yang banyak dan beragam merupakan jalinan yang saling kait mengait satu sama lain dalam prosesnya membentuk ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia," katanya dilansir dari siaran pers, Minggu (10/12/2017).
 
 
Acara ini juga diselenggarakan BEKRAF demi mengemban amanah Presiden Jokowi untuk menjadikan ekonomi kreatif sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia di masa depan serta mewujudkan visinya membangun Indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia dalam ekonomi kreatif pada tahun 2030.
 
Enam deputi yang ada di BEKRAF yakni Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan, Deputi Akses Permodalan, Deputi Infrastruktur, Deputi Pemasaran, Deputi Fasilitas Hak Kekayaan Intelektual, dan Regulasi dan Deputi hubungan Antar Lembaga dan Wilayah memamerkan program unggulannya di tiap booth yang disediakan.
 
Acara ini juga dimeriahkan dengan pameran produk dari para perajin di daerah daerah tempat pelaksanaan program IKKON (inovatif dan kreatif melalui kolaborasi nusantara). Program IKKON merupakan program yang menempatkan desainer untuk berkolaborasi dengan budaya lokal dalam menghasilkan karya-karya kreatif baru yang bernilai tambah tanpa menghilangkan identitas kekayaan lokal. 
 
Karya karya IKKON di bidang fesyen ditampilkan dalam bentuk fashion show sebagai rangkaian dari pembukaan festival.
 
Simak video pilihan di bawah ini:
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

 
Selain materi pameran, Festival juga akan diisi oleh sharing session, workshop, fashion show, seni pertunjukan, hiburan musik, dan pemutaran film. 
 
Penampilan beberapa Grup Musik dan seni pertunjukan juga akan meramaikan arena BEKRAF Festival. Pengisi acara BEKRAF festival antara lain Deadsquad, Java Jive, Homogenic, Mocca, Nissan and the James, Rosemary, Ikku Baru dan Jeruji.
 
 
Pada seni pertunjukan, akan ditampilkan Ega Robot Percussion, Sasikirana Dance Camp, Disco Ethnic Contemporer, dan Animal Pop Dance dibawah arahan koreografer Jecko Siompo.
 
Kegiatan workshop di arena BEKRAF Festival, akan diwakili oleh program wROCKshop sebagai bentuk kerja sama antara BEKRAF dengan Indonesia Music Forum. wROCKshop akan memberikan materi tentang Sistem Manajemen Bisnis Musik Indonesia dan Produksi Musik Indonesia di Era Digital.
 
Pemutaran film dokumenter dilakukan dengan mengedepankan tema keunikan budaya Indonesia yang diusung oleh karya dari program forum Docs by the Sea. Ini merupakan bentuk kerja sama antara BEKRAF dan In–Docs, sebuah organisasi nirlaba yang mempunyai misi memperluas dampak dari film dokumenter Indonesia.
3 dari 3 halaman

Susunan acara:

Acara akan dimulai dari pukul 13.00 WIB. Pengunjung juga tidak dikenakan biaya masuk untuk menikmati festival satu ini. Bagi Anda yang ingin berkunjung, berikut jadwal lengkapnya:

Kamis 7 Desember 2017

Pengisi acara:

1. Littlelute

2. Katakita

3. JavaJive

4. Deadsquad

Jumat 8 Desember 2017

Pengisi acara:

1. Angsa Serigala

2. Lightcraft

3. Karinding Attack

4. HMGNC

Sabtu 9 Desember 2017

Pengisi acara:

1. Ikkubaru

2. Mustache and Beard

3. Jeruji

4. Mondo Gascaro

5. Rosemary

6. Sasikirana Dance Camp

7. Jecko Siompo

8. Animal Pop Dance

Minggu 10 Desember 2017

Pengisi acara:

1. Nissan Fortz and The James

2. The Boys

3. MOCCA

4. Danilla

5. Hello Dangdut

6. Disco Ethnique

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.