Sukses

Kemenhub Resmikan Pelayaran Perdana Jarak Jauh Jakarta-Surabaya

Ini merupakan salah satu cara dari Kemenhub untuk mengurangi beban jalan raya di sepanjang jalur pantura.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Ditjen Perhubungan Darat (Hubdar) meresmikan pelayaran perdana long distance ferry atau angkutan penyeberangan jarak jauh lintas Jakarta-Surabaya di dermaga Indonesia Kendaraan Terminal (IKT) Jakarta Utara, Minggu (10/12/2017).

Operasional angkutan penyeberangan jarak jauh ini merupakan salah satu cara dari Kemenhub untuk mengurangi beban jalan raya di sepanjang jalur pantai utara Pulau Jawa (Pantura).

Dirjen Hubdar Budi Setyadi mengatakan pelayanan angkutan penyebrangan lintas Jakarta-Surabaya ini diselenggarakan oleh PT ADSP Indonesia Ferry (Persero) dengan menggunakan KMP.

Ferindo 5 yang memiliki kapasitas muatan hingga 100 unit kendaraan campuran. Serta, PT Jagat Zamrud Khatulistiwa dengan menggunakan KM Roto Prayasti yang memiliki kapsitas muatan hingga 200 kendaraan campuran.

"Dalam melakukan pelayanan angkutan penyeberangan KMP. Ferrindo 5 akan sandar di dermaga 107-109 pelabuhan Tanjung Priok. Sedangkn KM. Roro Prayasti akan sandar di dermaga IKT pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dan dermaga Maspion Gresik," ujar Budi saat acara peresmian.

Budi menuturkan untuk pelayanan angkutan penyeberangan lintas Jakarta-Surabaya akan dilaksanakan melalui mekanisme subsidi, yang dilaksanakan sebanyak 14 trip untuk masing-masing kapal pada bulan Desember 2017.

Dalam kurun waktu seminggu, kata dia kapal akan diberangkatkan sebanyak empat kali. Dia berharap dengan adanya pelayanan angkutan penyeberangan lintas Jakarta-Surabaya ini, mampu mengurangi tingkat kemacetan hingga menurunnya angka kecelakaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurangi Polusi

Kemenhub, kata dia juga berharap angkutan penyeberangan jarak jauh ini dapat mengurangi polusi udara akibat asap yang dihasilkan oleh kendaraan angkutan berat.

"Ini diharapkan mampu mengurangi penggunaan BBM dan polusi udara, biaya pemeliharaan jalan akibat  berat kendaraan dengan beban berlebih, atau kerusakan kendaraan akibat beban berlebih di jalur Pantura," ucap Budi.

"Pelayanan angkutan lintas Jakarta-Surabaya diharapkan juga mampu mempersingkat waktu tempuh perjalanan logistik dan menekan biaya logistik sehingga menciptakan kestabilan harga dan perekonomian di Indonesia," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini