Sukses

Rampung Juni 2018, Begini Kondisi Terbaru LRT Palembang

LRT Palembang bisa rampung sebelum pelaksanaan Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan penyelesaian Light Rail Transit (LRT) di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II-Stadion Jakabaring, Palembang bisa rampung sebelum pelaksanaan Asian Games pada Agustus 2018.

Untuk itu, pada kunjungan ke Palembang kali ini, dia melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait kesiapan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dan LRT dalam menyambut atlet-atlet internasional yang akan berlaga di ajang Asian Games.

"Tadi kita lakukan pemantauan progres pelaksanaan Asian Games, yaitu bandara dan LRT, ada beberapa yang kita minta percepatan untuk selesai pada bulan Februari," kata Budi usai melakukan penjajalan rel LRT di Zona 1, Palembang, Minggu (10/12/2017).

Menurut Budi, hingga saat ini penyelesaian proyek LRT sudah mencapai 77 persen. Ditargetkan, hingga akhir Desember bisa mencapai 80,82 persen.

Namun, ada sejumlah catatan kepada pihak terkait untuk melakukan koordinasi dengan panitia penyelenggara Asian Games mengenai jumlah peserta yang diperkirakan akan bertanding di Palembang serta mobilitas mereka.

"Berapa yang movement itu harus segera direncanakan," kata Budi.

Selain itu, Budi mengharapkan agar kereta bisa segera datang, yakni sekitar bulan Februari. "Supaya kita bisa tahu dengan cepat apa yang harus diperbaiki," ujar Budi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lokasi, pada zona 1 LRT rel-rel sudah terpasang kokoh. Namun, dari 23 kilometer x 2, atau 46 kilometer, yakni lintasan rel berangkat dan balik, yang terpasang baru 26 kilometer.

Tiang-tiang jalur rel kereta sudah kokoh terpasang. Begitu juga dengan bangunan stasiun-stasiun, sudah dalam tahap akhir penyelesaian.

Sementara itu, di dekat bandara juga mulai terbentuk skybridge, yakni jembatan penghubung antara terminal penumpang di bandara dengan stasiun akhir LRT. Nantinya di bangunan tiga lantai itu akan dijadikan kawasan komersial.

Selain, LRT, bandara pun ikut merias diri dalam menyambut para atlet internasional tersebut. Ada penambahan sebanyak 12 counter check in yang akan mengurai kepadatan calon penumpang pada masa penyelenggaraan Asian Games mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini