Sukses

Keren, Semua Warga di Perumahan Ini Punya Pesawat Terbang

Kebanyakan rumah di Spruce Creek memiliki hanggar pribadi dengan landasan yang dinavigasikan GPS.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah komplek perumahan di bagian timur laut Florida, Amerika Serikat, menjadi salah satu lokasi tempat tinggal paling unik di dunia. Dikenal sebagai Spruce Creek, komplek perumahan ini merupakan tempat tinggal dari 5.000 penduduk. Namun yang bikin berbeda, seluruh penduduk di sana ternyata memiliki pesawat terbang.

1.300 rumah yang ada di perumahan ini rata-rata memiliki hanggar pesawat terbang. Dilansir dari Amusingplanet.com, Selasa (12/12/2017) sebanyak 700 hanggar pesawat dilaporkan berdiri di dalam komplek tersebut.

Tak hanya sampai di situ, kebanyakan rumah di Spruce Creek memiliki hanggar pribadi dengan landasan yang dinavigasikan GPS. Hal ini tak terlalu mengherankan karena warga Spruce Creek kebanyakan memang pilot profesional sehingga mereka memiliki pesawat pribadi yang terparkir di garasi mereka.

Tak hanya pilot, penghuni perumahan tersebut pun ada yang berprofesi lainnya seperti dokter dan pengacara. Namun sebagian besar dari mereka sangat terobsesi dengan pesawat. Jika Anda datang ke sana, jangan heran apabila bisa pesawat yang lalu lalang bepergian.

Salah satu artis yang tinggal di sini adalah John Travolta. Tak banyak yang tahu, bintang film Grease tersebut ternyata memiliki lisensi pilot.

Tapi, artis satu ini ternyata pernah mendapat komplain dari penduduk sekitar karena mengemudikan pesawat Boeing 707 dan Gulfstream II di landasan komplek.

Perumahan komunitas penerbangan Spruce Creek ini bukanlah satu-satunya di Amerika. Konsep perumahan penerbang pribadi dikembangkan setelah Perang Dunia II karena Amerika memiliki terlalu banyak pilot dari 34 ribu orang jadi 400 ribu. Akhirnya pemerintah membuka lahan pemukiman di seluruh negeri yang mengakomodasi kemampuan penerbangan mereka.

Hingga kini Amerika Serikat memiliki 600 komunitas warga penerbang dengan yang paling banyak di Arizona, Colorado, Florida, Texas serta Washington. Spruce Creek merupakan yang terbesar. Komunitas unik seperti ini semakin berkembang di luar negeri seperti Kanada, Afrika Selatan dan Kosta Rika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini