Sukses

4 Jurus agar Tetap Hemat Saat Berbelanja di Harbolnas 2017

Anda harus tetap hati-hati saat berbelanja. Jika tidak cermat bisa-bisa kantong Anda jebol dan tabungan pun terkuras.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 2017 sudah digelar. Acara ini merupakan perayaan tahunan yang diadakan oleh beberapa e-Commerce di Indonesia. Acara ini pertama kali digelar pada 12 Desember 2012 dan diadakan rutin tiap tahunnya.

Tahun ini, sebanyak lebih dari 250 e-Commerce berpartisipasi. Konsumen bisa menikmati diskon hingga 95 persen saat berbelanja.

Tapi, jangan sesumbar. Anda harus tetap hati-hati saat berbelanja. Jika tidak cermat bisa-bisa kantong Anda jebol dan tabungan pun terkuras.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan agar bisa cermat saat berbelanja? Berikut ulasannya melansir financialexpress.com, Selasa (12/12/2017)

1. Buat anggaran dan daftar belanja

Sebelum Anda berencana membeli kado buat orang yang disayang, sebaiknya buatlah perencanaan anggaran terlebih dahulu. Hal ini agar Anda tahu berapa banyak uang yang harus dihabiskan saat berbelanja.

2. Bijak dalam menggunakan kartu kredit

Kartu kredit memang sering memberikan berbagai fasilitas pembayaran yang tidak dimiliki jika Anda menggunakan sistem pembayaran lain. Tapi, Anda juga harus tetap bijak dalam menggunakannya.

Belanja online, terutama ketika Harbolnas, memang kadang membuat orang kalap. Ini yang membuat tagihan kartu kredit membengkak. Lewat pembayaran kartu kredit, kadang pembeli kurang memperhatikan bujet belanja online yang sudah dibuat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Cermati diskon

Anda harus memiliki pilihan anggaran yang fleksibel, dengan mengambil keuntungan dari penawaran online shop.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi online shop di play store. Keuntungannya, Anda dapat membandingkan harga dari pengecer dan dari toko tersebut. Jangan lupa juga untuk membandingkan harga dari tiap e-Commerce yang ikut dalam perhelatan Harbolnas 2017 ini.

4. Gunakan kode promosi

Beberapa e-Commerce akan kasih Anda voucher diskon pada saat Anda membuka situs mereka. Anda akan melakukan registrasi terlebih dahulu, sebelum Anda melihat-lihat barang di jual e-Commerce tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini