Sukses

Hobi Memasak? Yuk, Raup Pundi-Pundi Uang Lewat 5 Tips Ini

Memulai usaha rumahan warung makan ini bisa dicoba dengan modal kecil.

Liputan6.com, Jakarta - Hobi memasak rupanya bukan hanya sekedar hobi. Dengan keahlian ini tentu Anda bisa mencoba menjalankan usaha rumahan berupa bisnis warung makanan. Bisnis dalam hal kuliner ini diakui sangat laris dan tidak sepi peminatnya, karena setiap orang pastinya memerlukan asupan makanan.

Nah bagi Anda yang memang memiliki hobi memasak ini, tidak ada salahnya jika Anda menjalankan usaha warung makan. Hal ini tentunya mudah dijalankan jika ada mempunyai cukup fasilitas memasak, dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat masakan.

Apabila Anda misalnya memang ingin memulai usaha rumahan warung makan ini bisa dicoba dengan modal kecil. Anda bisa memilih menu makanan yang sekiranya banyak diminati oleh masyarakat sekitar.

Berikut beberapa ulasan menarik tentang kunci sukses membuka bisnis rumahan:

1. Lakukan Survei

Hal ini perlu dan wajib, jika Anda ingin membuka bisnis jenis apapun. Melakukan survei dibutuhkan untuk menentukan harga pasaran yang sesuai, mengetahui persaingan pasar, dan apa saja yang banyak diminati masyarakat.

Tentunya menu masakan juga harus diperhitungkan. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam perencanaan serta mendapatkan gambaran dan juga bahan perbandingan untuk usaha yang akan dijalankan.

2. Tempat Usaha

Bagi Anda yang ingin membuka usaha makanan dengan model warung. Tentunya Anda perlu menyiapkan tempat yang bisa digunakan sebagai lahan membuka warung tersebut. Atau Anda bisa memanfaatkan halaman rumah Anda yang kosong. Tidak perlu repot menyediakan banyak peralatan.

Cukup gunakan estalase dan meja sebagai tempat menaruh berbagai menu makanan yang Anda jual. Tinggal Anda lengkapi dengan meja dan kursi untuk menampung pengunjung yang datang.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Perlengkapan dan Peralatan Usaha

Setelah menentukan tempat usahanya, baru deh Anda siapkan perlengkapannya seperti piring, cangkir, sendok, garpu dan peralatan masak lainnya.

4. Tentukan Menu

Menu untuk warung makan bisa Anda pilih dengan pertimbangan beberapa faktor seperti minat masyarakat. Selain itu, pastikan bahwa Anda memang benar-benar menguasai cara membuat menu masakan utama untuk warung Anda. Sajikan beberapa variasi menu, seperti nasi rames, ayam bakar madu, pilihan sayur dan lauk.

5. Bahan Baku

Ketersediaan bahan baku untuk membuat menu masakan yang akan dijual nanti juga perlu Anda siapkan. Untuk menghemat pengeluaran serta memudahkan Anda dalam mendapatkan bahan baku, Anda bisa menjalinkerjasama dengan para penjual atau suplier sayuran serta sembako.

Jika tidak, maka Anda bisa cari cara lain dengan berbelanja langsung ke pasar. Agar rasa dan kualitas makanan yang akan Anda jual tetap terjaga, maka pastikan untuk memilih bahan baku yang baik. Jangan sampai karena ingin mendapatkan keuntungan lebih, Anda mengabaikan soal cita rasa, ya.

Usahakan juga untuk selalu menjaga kebersihan dan kehigienisan. Mau Baca Tips Bisnis dan Karir Lainnya Dari Tung Desem Waringin? Silahkan Klik tdwuniversity.com

Baca Juga: 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar Pada Kesuksesan Bisnis Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.