Sukses

Khawatir Bisnis Goyah Akibat Cuaca Ekstrem? Perhatikan 3 Hal Ini

Kekhawatiran ini ini muncul karena toko Anda mungkin harus tutup jika hujan apalagi banjir.

Liputan6.com, Jakarta- Semakin mendekati bulan Desember, musim hujan semakin deras saja mengguyur wilayah Indonesia. Hal ini membuat banyaknya terjadi banjir hingga longsor. Hal ini membuat para pemilik bisnis mungkin khawatir, jika kondisi yang seperti ini berpengaruh kepada kinerja bisnis mereka.

Kekhawatiran ini menyangkut jika toko mereka mungkin harus tutup jika hujan apalagi banjir. Atau karyawan dengan kinerja yang berkurang karena sakit, tidak bisa masuk karena sakit dan sebagainya.

Berikut merupakan beberapa tips bagi Anda yang ingin bisnis Anda tetap berjalan walaupun dengan kondisi cuaca yang sedang esktrem:

1. Berikan Asuransi Kesehatan

Memasuki cuaca yang ekstrem pastinya memang akan membuat para karyawan Anda mengalami keadaan yang kurang sehat. Entah berdampak pada masuk angin, diabet, atau sebagainya. Anda bisa memfasilitasi mereka dengan menggunakan asuransi kesehatan.

Selain membantu mereka untuk mudah berobat ketika mereka sakit, Anda juga bisa mendapat keuntungan lain. Yaitu, bahwa mereka akan segera sehat karena sudah dengan segera berobat.

Ini juga membuktikan bahwa Anda sebagai owner dari bisnis Anda peduli terhadap kesehatan jaminan para karyawan dan pekerja Anda. Hal ini bisa membuat mereka bisa lebih menghargai tentang kelangsungan bisnis Anda.

2. Membuka Toko Online

Hal ini bisa menjadi solusi agar bisnis Anda tetap bisa berjalan. Jika Anda merupakan pemilik bisnis yang menjual produk ataupun jasa, sudah saatnya Anda bisa beralih ke toko online. Jadi walaupun Anda harus menutup toko selama musim hujan ini, Anda tetap bisa mengembangkan bisnis Anda secara online.

Dengan menjual produk atau jasa secara online, membuat Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi cuaca ini yang bisa saja kapanpun membuat toko Anda tutup, namun tidak untuk menutup bisnis online Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Bekerja di Tempat Lain

Jika memang toko Anda harus tutup karena alasan banjir, dan ini akan berdampak pada karyawan yang tidak bisa bekerja karena tempat bekerja mereka kebanjiran. Anda bisa memilih menggunakan tempat lain yang tidak terkena banjir agar mereka tetap bisa bekerja.

Anda hanya perlu sediakan laptop jika memang pekerjaan mereka menggunakan komputer. Atau bila harus ada sesuatu yang dikirimkan, Anda bisa membawa barang-barang tersebut ke kantor sementara Anda. Anda bisa memilih menggunakan function hall, ataupun room meeting yang disewakan banyak property.

Mau Baca Tips Bisnis dan Karir Lainnya Dari Tung Desem Waringin? Silakan klik tdwuniversity.com

Baca Juga: 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar Pada Kesuksesan Bisnis Anda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini