Sukses

Orang RI Paling Banyak Cari Peluang Bisnis Digital di Google

Salah satu temuan Google di Year in Search 2017 mengungkap banyak penduduk RI yang suka cari peluang bisnis di bidang ekonomi digital

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan teknologi Google merilis daftar tahunan Year in Search 2017, yang meliputi pencarian peristiwa, tokoh, atau berita yang menciptakan tren penelusuran paling tinggi di Indonesia selama tahun 2017.

Tahun ini, salah satu temuan Google di Year in Search 2017 mengungkap banyak penduduk Indonesia yang suka cari peluang bisnis  bidang ekonomi digital. Hal ini terlihat dari banyaknya penelusuran dengan kata kunci "Cara menjadi..." berisi profesi yang berkecimpung di dunia online.

"10 penelusuran terpopuler untuk kategori “Cara Menjadi…” berisi profesi berbasis digital, seperti “ Cara menjadi Selebgram ”, “ Cara menjadi YouTuber ”, “ Cara menjadi reseller online shop ”, dan “ Cara menjadi agen Bukalapak ”," tulis Google dalam laporannya seperti dikutip Liputan6.com, Kamis (14/12/2017).

Lebih lanjut, rasa ingin tahu warganet yang sangat tinggi terhadap tren makanan bisa jadi peluang bisnis yang dimanfaatkan pelaku usaha.

Di peringkat 10 besar kata kunci yang paling banyak dicari penduduk Indonesia di 2017, peringkat ketujuhnya adalah 'Ayam Geprek' yang merupakan jenis kuliner yang sedang digandrungi masyarakat.

"Jika dua tahun lalu 'kue cubit' menjadi tren penelusuran Google, tahun ini ada 'ayam geprek'," menurut penjelasan Google.

 

Managing Director Google Indonesia Tony Keusgen mengatakan, daftar Year in Search tahun ini menjadi cerminan dari apresiasi orang Indonesia terhadap kreativitas asliIndonesia. Dengan semakin banyak orang mengenal Internet, kita akan melihat lebih banyak konten, kreator, dan bisnis lokal bermunculan dari seluruh Indonesia.

"Kami di Google berkomitmen untukmembantu mereka ‘ditemukan’, kapan saja, di mana saja," pungkasnya.

Berikut daftar penelusuran terpopuler di Google sepanjang 2017:

1. Surat Cinta untuk Starla

2. Pengabdi Setan

3. Setya Novanto

4. Pilkada DKI

5. SEA Games

6. Jokowi Mantu

7. Ayam Geprek

8. Raja Salman

9. Sidang Ahok

10. Om Telolet Om

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini