Sukses

6 Cara Jitu Lunasi Utang Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta - Di ujung tahun ini hutang kartu kredit kamu menumpuk? Sementara kamu merasa hampir tidak mungkin untuk melunasi semua hutang tersebut pada tahun ini.  Besarnya utang kartu kredit bisa terjadi karena banyak hal. Antara lain kurangnya pengetahuan menggunakan kartu kredit.

Jangan panik dulu. Selama ada niat untuk melunasi hutang tersebut pasti ada jalan yang bisa kamu tempuh. Sehingga tahun depan kamu bisa bebas utang kartu kredit dan bisa memulai hidup baru tanpa digelayuti utang kartu kredit.

Berikut tips dari HaloMoney.co.id agar kamu punya solusi keuanganmu:

1. Lakukan balance transfer ke kartu yang memiliki bunga terendah

Guna menarik lebih banyak nasabah, bank penerbit kartu kredit biasanya menawarkan suku bunga yang kompetitif. Beberapa bank menawarkan bunga 0 persen-2 persen selama 3 bulan per tama atau lebih. Sebab itu, bertanyalah dengan lengkap sebelum kamu mengajukan aplikasi kartu kredit baru.

Fasilitas memindahkan tagihan dari satu kartu kredit ke kartu kredit lain dinamakan balance transfer. Tidak ada salahnya mencoba cara melunasi kartu kredit Permata dengan memanfaatkan balance transfer.

Konsekuensinya kamu memiliki kartu kredit baru dan harus menghentikan transaksi dengan kartu kredit bank Permata hingga tagihanmu lunas.

2. Buat skala prioritas kartu yang akan  dilunasi

Jika kamu memiliki lebih dari dua kartu kredit, dan semuanya menunggak utang. Mana yang terbaik menjadi pilihan kamu, karena yang paling tahu kondisi keuangan adalah kamu sendiri.

Lunasilah tunggakan kartu kredit yang bunganya paling besar terlebih dahulu. Mengapa? Karena bunga tagihan itu bisa membuat kamu makin miskin bila tidak cepat diatasi.

Setelah kartu kredit tersebut lunas, kamu bisa fokus dengan kartu kredit yang tunggakan bunga dan tagihannya lebih kecil.

3. Gali lubang kecil untuk tutup lubang besar

Cara ini bisa kamu lakukan bila benar-benar ingin lepas dari hutang kartu kredit. Kamu bisa mencari pinjaman untuk melunasi kartu kredit tersebut dengan cara mencari pinjaman tanpa bunga kepada keluarga dan kerabat terdekat dengan jaminan tertentu.

Selain itu kamu bisa mencari pinjaman tanpa agunan dengan bunga murah sebesar 1 persen per bulan. Bunga pinjaman KTA ini lebih murah dari bunga kartu kredit yang sekarang sebesar 2,25 persen per bulan.

Oiya meski kamu mendapat pinjaman tanpa bunga dari keluarga, bukan berarti kamu tidak melunasinya. Begitu pula dengan pinjaman tanpa agunan bunga murah. Kamu harus puasa menggesek kartu kredit hingga utang KTA kamu lunas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Jual Aset

4. Jual aset atau pakai tabungan

Bila kamu memiliki aset atau tabungan, segera lunasi hutang kartu kredit kamu dengan dua hal tadi. Lebih baik kamu tidak punya tabungan atau dana investasi daripada kamu harus menanggung utang plus bunganya.

Kamu pasti tahu kalau hutang kartu kredit memakai sistem bunga berbunga (compound interest), sehingga makin cepat kamu selesaikan, maka kemungkinan hutang membengkak akan semakin kecil.

5. Mencari pemasukan tambahan

Utang kartu kredit yang menumpuk harus disikapi dengan cara yang kreatif. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mencari pemasukan tambahan demi bisa membayar hutang tersebut.

Aktivitas mencari tambahan pemasukan ini bisa kamu lakukan saat weekend atau malam hari sepulang dari pekerjaan rutin.

6. Negosiasikan dengan Bank

Solusi berikutnya ialah bernegosiasi dengan bank. Bernegosiasilah dan mintalah bank melakukan refinance hutang kartu kreditmu. Apalagi selama ini pembayaran kreditmu lancar, tidak pernah menunggak sehingga bank tidak punya alasan untuk menolak permintaanmu.

Salah satu poin yang bisa kamu ajukan ialah meminta bank menghentikan penambahan bunga hutang, sehingga jumlah hutang kamu tidak makin membengkak.

Selain itu kamu bisa meminta diskon untuk pelunasan utang.

Begitulah cara singkat dan mudah melunasi tagihan kartu kredit yang perlu kamu ketahui.

Gunakan situs HaloMoney.co.id untuk membandingkan sekaligus mengajukan kartu kredit dan pinjaman tanpa agunan dari berbagai bank.

Artikel Selanjutnya
Tips Agar Bayar Cicilan KPR Lancar
Artikel Selanjutnya
Perhatikan 7 Hal Ini agar Pinjaman Lebih Bermanfaat