Sukses

Bisnis Online Bisa Sukses dengan Miliki 7 Fasilitas Penunjang Ini

Perkembangan teknologi memudahlan pekerjaan manusia, termasuk dalam membangun bisnis online.

Liputan6.com, Jakarta - Bersyukurlah Anda jika hidup pada masa sekarang di mana teknologi berkembang sangat pesat. Perkembangan teknologi memudahlan pekerjaan manusia, termasuk dalam membangun bisnis. Salah satu adalah bisnis online.

Jumlah bisnis online yang ada saat ini tidak bisa dihitung jari. Jumlahnya tersebar di seluruh wilayah, bahkan daerah pelosok atau pedalaman. Fleksibilitas, efisiensi, dan simpel menjadi alasan utama mengapa bisnis online semakin populer. Akan tetapi, menjalankan bisnis online bukanlah hal yang mudah.

Jika ingin bisnis online mendulang kesuksesan, ada beberapa fasilitas penunjang yang harus dimiliki. Berikut ini daftar fasilitas penunjang tersebut seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Modal

Modal adalah fasilitas utama untuk menjalankan bisnis. Tanpa adanya modal, bisnis tak dapat berjalan lancar. Jumlah modal yang dibutuhkan juga tergantung pada jenis bisnis yang dijalankan.

Apakah itu bisnis berskala besar atau kecil.Modal yang dibutuhkan untuk bisnis online tidaklah besar. Bahkan, bisa dimulai dengan modal Rp 100 ribu saja. (Baca Juga: Ini Waktu yang Tepat untuk Memiliki Kartu Kredit)

2. Komputer atau Gadget

Komputer atau gadget sangat diperlukan saat menjalankan bisnis online. Dua perangkat ini bergunauntuk menyebarkan produk pada aplikasi atau website. Juga berfungsi sebagai sarana promosi di berbagai media sosial.

Komputer atau gadget memiliki peran yang tak kalah besarnya dengan modal. Pastikan Anda memiliki salah satu di antara dua perangkat ini untuk membantu menjalankan bisnis online.

3. Koneksi Internet

Komputer atau gadget tak akan berfungsi secara maksimal tanpa bantuan koneksi internet. Proses pemasaran dan pengenalan produk kepada masyarakat luas juga terhambat apabila tidak bisa terhubung ke internet.

Milikilah koneksi internet yang bagus dan lancar agar Anda dapat mengontrol bisnis online yang dijalankan. Selain itu, Anda juga akan semakin mudah terhubung dengan pelanggan selama menjalankan bisnis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Website

Website juga sebagai salah satu fasilitas penunjang untuk menjalankan bisnis online. Ada banyak jenis website, termasuk berbayar dan gratis (free). Untuk website gratis, gunakanlah wordpress atau blogspot. Untuk website berbayar, ada banyak pilihan nama domain. Mengelola bisnis online di website sangatlah bagus.

Cara ini dapat memperluas jangkauan bisnis yang dijalankan. Pakailah website berbayar jika ingin bisnis cepat berkembang. Selain itu, bisa juga bekerja sama pada onlinemarketplace yang ada di Indonesia, seperti Lazada, Tokopedia, atau Bukalapak. Pastikan website yang Anda miliki dikenal banyak orang. Kelola website dengan baik agar popularitasnya semakin meningkat.

5. Media Sosial

Media sosial tidak hanya digunakan sebagai media untuk berbagi, tapi juga untuk bisnis. Pada era sekarang, banyak bisnis online yang melebarkan sayapnya di media sosial seperti Instagram dan Facebook. Keberadaan media sosial juga digunakan sebagai sarana untuk melakukan promosi dan berkomunikasi dengan pelanggan. Setiap produk yang akan dijual dapat dimasukkan ke dalam media sosial.

Dengan begitu, para pelanggan dapat melihat produk tersebut dengan baik. Tuliskan rincian bahan, ukuran, dan warna sewaktu menambahkan foto. Kalau perlu, sertakan gambar ketika memakai barang yang hendak dijual agar pelanggan memiliki gambaran terkait produk tersebut.

3 dari 3 halaman

6. Ilmu tentang Pemasaran

Punya modal yang cukup tidaklah menjamin bisnis online akan sukses. Ada kalanya Anda harus memiliki pengetahuan tentang teknik pemasaran yang baik. Dengan begitu, dapat dengan mudah untuk memasarkan setiap produk yang dijual.

Berhubung bisnis yang dijalankan adalah bisnis online, asah kemampuan untuk mendalami bidang pemasaran di internet. Mulai dari teknik menambahkan gambar, menulis spesifikasi, informasi reseller, katalog, hingga cara pembayaran.

7. Jaringan Pertemanan

Jaringan pertemanan juga erat kaitannya dengan bisnis online. Jika jaringan pertemanan luas, semakin mudah untuk memperkenalkan bisnis kepada orang banyak. Anda bisa meminta bantuan teman untuk melakukan promosi kepada keluarga, tetangga, rekan kerja, teman-teman, bahkan media sosialnya. Dengan demikian, bisnis online Anda akan dikenal banyak orang.

Meraih Kesuksesan dari Bisnis Online

Bisnis online bukanlah bisnis yang boleh dipandang sebelah mata. Terbukti banyak orang yang sukses hanya dengan menjalankan bisnis online. Agar perkembangan bisnis semakin pesat, jalankan bisnis dengan sungguh-sungguh. Miliki juga fasilitas penunjang di atas untuk mendukung perjalanan bisnis online milik Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini