Sukses

Ini Dia Pria yang Menyabet Gelar Atlet Terkaya Kedua di Dunia

Kira-kira siapa atlet yang berhasil mendapat bayaran tertinggi kedua di dunia? Ternyata gelar ini jatuh kepada...

Liputan6.com, New York - Kira-kira siapa ya, atlet yang berhasil mendapat bayaran tertinggi kedua di dunia setelah Christiano Ronaldo? Ternyata gelar ini jatuh kepada Cleveland Cavaliers LeBron James.

Menurut data Sportac yang dilansir dari laman businessinsider.sg, Rabu (27/12/2017), LeBron James berhasil menduduki daftar kedua sebagai atlet terkaya di dunia dengan mencatatkan penghasilan senilai US$ 234 juta atau Rp 3,17 triliun (kurs US$ 1=Rp 13.575) dari musim di NBA.

James menghasilkan US$ 4 juta atau Rp 54,3 miliar saat berumur 19 tahun dan baru saja lulus dari sekolah tinggi. Musim ini, gajinya bahkan tercatat lebih dari US$ 33 juta atau Rp 447,97 miliar.

James saat ini sedang dalam kontrak tiga musim senilai US$ 100 juta atau Rp 1,35 triliun. Dia dapat memilih keluar dari kontraknya musim depan, di atas gaji US$ 35,6 juta atau Rp 483,27 miliar, untuk menjadi agen bebas.

Lihat tabel di bawah ini untuk melihat perkembangan pendapatan James musim demi musim, dari tahun 2003 sampai 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghargaan yang Diraih

James saat ini memegang posisi tertinggi dalam setiap permainan, persentase memasukan bola, dan persentase tiga poin.

James telah memenangkan MVP Award empat kali, tampil dalam game All-Star setiap tahun sejak 2004, dan membuat playoff 12 musim berturut-turut, dan timnya telah memenangkan kejuaraan NBA tiga kali.

LeBron berada di urutan keenam dalam daftar pendapatan tertinggi NBA sepanjang masa. Pemain Golden State Warriors Stephen Curry adalah satu-satunya pemain NBA yang mendapatkan penghasilan lebih dari James di musim 2017-2018.

James mengambil sebagian gajinya pada tahun 2011 untuk merekrut bakat lainnya seperti Chris Bosh ke Miami Heat.

Meski telah mengeluarkan uang cukup banyak dalam merekrut bakat lain, tapi itu tidak mempengaruhi pendapatannya, karena dia bermain di Florida, negara bagian yang tidak mengenakan pajak penghasilan.

Akhirnya, sebagian besar kekayaan James berasal dari kesepakatan pengesahan. Kesepakatan seumur hidupnya dengan Nike bernilai lebih dari US$ 1 miliar atau sekitar Rp 13,5 triliun.

Tak hanya itu saja, menurut Forbes, dia bahkan juga menghasilkan uang dari Verizon, Beats by Dre, Coca-Cola, dan Kia Motors.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.