Sukses

Mau Umroh Bersama Keluarga di 2018? Cek Biayanya di Sini

menjelang tahun 2018, kamu mungkin sudah memasukkan ibadah umroh sebagai salah satu resolusimu.

Liputan6.com, Jakarta - Peminat Umroh di Indonesia cukup besar sampai saat ini. jumlah jemaah umroh Indonesia merupakan salah satu terbesar didunia. Selain biayanya yang nggak sedikit, ibadah umroh juga membutuhkan persiapan yang matang dalam hal administrasinya, termasuk rincian biaya dan keperluan pendaftaran.

Dikutip dari Swara Tunaiku, menjelang tahun 2018, sebagian di antara kamu mungkin sudah memasukkan ibadah umroh sebagai salah satu resolusimu. Banyaknya jumlah jemaah umroh yang terus meningkat, kamu harus aware.

Semuanya perlu dipersiapkan dengan matang, maka dari itu ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Yuk, pertimbangkan hal-hal berikut sebelum memutuskan!

1. Waktu keberangkatan

Sebaiknya pilih waktu keberangkatan bukan saat liburan tiba atau menjelang bulan ramadan. Karena, di hari-hari tersebut biasanya harga tiket bakal melonjak drastis. Pertama, karena pada umumnya jumlah peminat umroh meningkat tajam.

Kedua, persaingan antar maskapai penerbangan yang ketat. Jadi, kalau kamu ingin umroh dengan budget yang nggak besar kamu bisa mengakalinya dengan memilih jadwal umroh yang tepat.

2. Cuaca

Perbedaan cuaca antarnegara tentu bakal mempengaruhi kesehatanmu. Kamu harus beradaptasi dengan perbedaan kondisi cuaca Arab Saudi dengan Indoensia. Sangat penting buat kamu untuk memilih masa ibadah umroh di bulan-bulan tertentu, menyesuaikan dengan kondisi tubuhmu.

Kalau kamu berangakat bulan Februari-Mei, kamu nggak perlu terlalu beradaptasi, karena di bulan-bulan tersebut cuaca asih normal seperti di Indonesia. Jika kamu memilih bulan Juni-Agustus untuk keberangkatan, jangan lupa membawa botol minum dan kacamata hitam. Karena pada bulan-bulan tersebut cuaca cukup panas dengan suhu 44 derajat celcius.

Sementara, apabila berangkat di bulan November-Januari, jangn lupa membawa jaket. Pastikan juga jangan lupa membawa jaket karena masih ada fee -nya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Biaya dan Paket Umroh

Pada umumnya biaya dan paket umroh jumlah nya relatif tergantung  jenis paketnya. Kalau kamu berangkat dari DKI Jakarta dan sekitarnya, kamu bisa kena biaya Rp 17.000.000,- hingga Rp 19.500.000,- per orang.

Sementara kalau kamu berangkat dari selain Jakarta dan sekitarnya, misalnya dari Makassar, Surabaya, Palembang, Medan, Balikpapan, Samarinda, Pekanbaru, Yogyakarta, Semarang, Malang, Solo. Biaya yang harus kamu keluarkan kira-kira Rp 18.000.000,- hingga Rp 20.500.000,- per orang.

Perbedaan harga paket berdasarkan bulan tersebut adalah untuk keberangkatan bulan Desember- Mei 2018. Biaya tersebut sudah termasuk tiket perjalanan, akomodasi, dan penginapan, serta konsumsi  dan kendaraan selama ibadah beruppa bus AC VIP.

Untuk kebutuhan pribadi dan prasyarat mengenaik kondisi kesehatan jemaah, biayanya dibebankan kepada setiap jemaah. Selain itu, umumnya jika sudah memesan tiket umroh kamu akan dikenai biaya DP terlebih dahulu sebesar  Rp 5.000.000,-.Semoga perencanaan dan rician biaya ini bisa membuatmu matang depan pilihan rencana umroh mu ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.