Sukses

Jelang Natal, Harga Cabai Rawit Merah Melonjak dan Bawang Stabil

Kenaikan harga juga terjadi pada cabai merah keriting.

Liputan6.com, Jakarta Tepat tiga hari sebelum Natal, harga cabai rawit merah melonjak tajam. Namun, komoditas sayuran lainnya, semisal bawang merah dan putih serta kentang relatif stabil.

Piyem (50), pedagang di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, mengeluhkan kenaikan harga cabai rawit merah yang drastis.

"Cabai rawit merah gila naiknya, dari sebelumnya Rp 20 ribu per kg jadi Rp 50 ribu per kg," ujar dia kepada Liputan6.com, Jumat (22/12/2017).

Kenaikan harga juga terjadi pada cabai merah keriting. Sebelumnya, komoditas ini dijual di kisaran Rp 35 ribu per kg, kini naik Rp 5.000 menjadi Rp 40 ribu per kg.

Sementara harga kebutuhan dapur lainnya, seperti bawang merah, bawang putih, kentang, dan kol relatif belum berubah. Bawa merah dijual seharga Rp 30 ribu per kg dan bawang putih Rp 35 ribu per kg.

Sementara itu, harga kentang di lapak dagangannya masih Rp 14 ribu kg, serta kol Rp 10 ribu per kg.

Piyem memprediksi harga cabai rawit merah dan cabai merah keriting baru akan turun selepas memasuki 2018. "Ya nanti juga harga produk-produk itu (cabai rawit merah dan cabai merah keriting) bakal seperti biasa lagi kalau sudah masuk tahun baru," ujarnya.

Meningginya Harga Telur Ayam Negeri

Kenaikan harga jelang Natal juga terjadi pada telur ayam negeri. Harga telur naik Rp 6.000 per kg. "Telur ayam negeri ini tadinya dijual Rp 20 ribu per kg, sekarang naik menjadi Rp 26 ribu," tutur Herman (35), pedagang telur di Pasar Kebayoran Lama.

Sementara kenaikan tak terjadi pada telur ayam kampung. Seperti diungkapkan pedagang bernama Riki (18). 

"Kita menjualnya Rp 2.000 per butir, dan Rp 16 ribu per kg. Soal harga telur ayam kampung, sekarang masih belum naik sih, tidak tahu deh kalo nanti," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.