Sukses

Kisah Keluarga di Jerman yang Dapat Warisan Koin Seberat 2.500 Kg

Dikumpulkan dari puluhan tahun yang lalu, warisan yang mereka dapat ternyata seluruhnya berwujud koin.

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang Anda lakukan apabila mendapat warisan tak terduga? Rasa senang dan terkejut pasti menyelimuti. Inilah yang terjadi pada sebuah keluarga di Bremervorde, Jerman. Tak pernah disangka, mereka ternyata memiliki warisan dalam jumlah besar.

Tapi ada yang berbeda. Karena diturunkan dari puluhan tahun yang lalu, warisan yang mereka dapat ternyata seluruhnya berwujud koin. Total, ada 1,2 juta koin seberat 2.500 kilogram atau 2,5 ton yang bisa dimiliki.

Warisan itu ternyata turunan dari kakek buyut mereka yang dahulu bekerja sebagai supir truk. Setiap hari ia menabung koin senilai 1 pfennig dan 2 pfennig dengan niat akan diberikan bagi anak dan cucunya. Pihak keluarga akhirnya memutuskan untuk menabung semua warisan koin yang diturunkan padanya.

Sebelum ditabung, mereka mencoba untuk menukar semua koin di Bank Sentral Jerman Bundesbank karena warisan yang mereka dapat masih berupa mata uang lama.

Dilansir dari Odditycentral, Minggu (24/12/2017), butuh waktu sangat lama bagi pihak bank untuk bisa menghitung jumlah koin yang keluarga itu miliki. Koin seberat 2,5 ton tersebut dihitung pihak bank menggunakan tangan dan memakan waktu selama 6 bulan lamanya.

Teller bank Wolfgang Kemereit mengatakan, setiap hari ia harus menghitung semuanya tanpa menggunakan bantuan mesin sama sekali. Beberapa koin bahkan ada yang sudah karatan dan menempel satu dengan lainnya.

"Saya melakukan itu setiap hari. Agak sulit diawal-awal, tapi saya menikmati pada akhirnya," tutur dia.

Benar saja, seperti yang sudah diperkirakan, jumlah warisan yang keluarga tersebut dapat memang cukup besar. Pihak bank mengatakan, 1,2 juta koin yang dimiliki ternyata bernilai 8.000 euro atau setara Rp 150 juta.

Saat ditanya kembali apa rencana yang akan dilakukan dengan uang tersebut, pihak keluarga belum memberi respons. Satu yang pasti, mereka tidak akan kesulitan lagi untuk menggunakan uang warisan yang dimiliki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.