Sukses

5 Nasihat Penting buat Cewek Usia 20-an agar Sukses Berkarier

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan cewek usia 20-an jika ingin karier terus berkembang.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini dalam dunia kerja di ranah publik masih terdapat perbedaan antara laki-laki dengan perempuan. Sebagian besar perempuan kariernya masih kalah cemerlang bila dibandingkan laki-laki. Sulitnya mendapat pengakuan dari atasan dan diragukan kinerjanya menjadi salah satu penyebab. 

Bagaimanapun juga karier perempuan juga harus dihargai dan dipertimbangkan. Sayangnya mengubah anggapan dalam masyarakat juga tidak mudah. Tetapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar perkembangan karier perempuan tidak lagi dipandang sebelah mata sehingga bisa berkembang. 

Seperti dikutip dari Swara Tunaiku, berikut tips buat kamu yang ingin sukses berkarier:

1. Jangan terpaku dengan masa lalu

Terus-terusan terpaku pada masa lalu terkadang membuat kita tidak maksimal memanfaatkan waktu saat ini. Tentu hal ini bisa memberikan dampak yang tidak baik pada masa depan. Apa yang sudah terjadi di masa lalu adalah hal yang sudah berlalu dan tidak bisa diulangi.

Kita tidak bisa mengubahnya. Tetapi kamu masih bisa mengubah masa depan dengan memanfaatkan kesempatan saat ini sebaik-baiknya. Boleh saja sekali-kali mengingat masa lalu, asal tidak terlalu terpaku padanya.

2. Ketahui jalanmu sendiri

Ada orang yang berhasil dengan yang mereka kerjakan. Tapi ada juga yang tidak berhasil. Ini wajar terjadi. Semua tergantung dari kondisi dan keadaan seseorang. Bahkan ketika kondisi sama saja, memberikan hasil yang berbeda. Pada akhirnya, semua orang punya jalannya sendiri.

Jika jalan yang satu tidak memberikan hasil baik, kita masih bisa mencoba jalan yang lainnya. Nah, kalau jalan selanjutnya sama-sama tidak berhasil, lantas apa yang harus dilakukan? Tentu saja membuat jalan sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Pahami kemampuanmu

Sayangnya kemampuan yang dimiliki generasi muda saat ini kurang, tapi rasa percaya dirinya terlalu tinggi. Memiliki rasa percaya diri tinggi tentu baik.

Hanya saja, sebaiknya rasa percaya diri juga diimbangi dengan kemampuan. Bos atu calon bos tidak akan mau memberimu kesempatan jika kemampuanmu bagus tetapi sikapmu kurang. 

4. Rendah hati

Seunggul apapun kamu di kantor, untuk melangkah lebih jauh kamu tetap saja membutuhkan bantuan orang-orang di sekelilingmu. Kamu juga tetap harus memiliki sikap yang baik. Jangan salah, orang yang sikapnya baik tapi kemampuannya kurang biasanya lebih dipilih dan disukai daripada mereka yang memiliki kemampuan baik tapi sikapnya kurang. 

Boleh saja berambisi, tapi jangan lupa untuk tetap rendah hati. Kamu tidak perlu menurunkan kemampuan agar dianggap seimbang. Ingat, sikap rendah hati yang berlebihan justru berbahaya, lho.

3 dari 3 halaman

5. Berdamailah dengan kegagalan

Ada kalimat bijak yang intinya, kalau kamu tidak ingin merasakan kegagalan, kamu tidak perlu melakukan apa-apa. “If you wanna avoid failure so much, do nothing. And be nothing.” Ingatlah bahwa kegagalan itu lumrah terjadi dalam kehidupan.

Kegagalan pula menjadi media pembelajaran untuk melakukan yang lebih baik dan sukses. Bahkan, kegagalan justru lebih banyak memberikan pembelajaran daripada kesuksesan itu sendiri. Semoga tips untuk perempuan umur 20-an di atas bisa membantumu mewujudkan kesuksesan, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.