Sukses

Menhub Pantau Titik Rawan Macet Jalur Mudik Natal dan Tahun Baru

Menhub Budi Karya Sumadi meninjau titik lokasi rawan macet jalur mudik Natal dan Tahun Baru, salah satunya Pemalang.

Liputan6.com, Pemalang - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bakal melakukan peninjauan di sejumlah titik rawan kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru pada Minggu (24/12/2017).

Peninjauan Budi lakukan setelah dirinya bertolak dari Palembang dengan menggunakan helikopter, untuk melakukan pengecekkan program pembangunan jaringan kereta ringan atau light rail transit (LRT). Rombongan Kemenhub dijadwalkan mendarat di Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Budi Karya sebelumnya bakal meninjau arus lalu lintas pada Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di sepanjang jalur pantai utara (Pantura) Jawa seperti Brebes Timur hingga jalur Pemalang-Pekalongan. Namun rencana ke Pekalongan dibatalkan karena Polisi Pemantau Jalan Raya (PJR) melaporkan, jalur darat pantai utara (Pantura) Pemalang-Pekalongan macet total pada Minggu (24/12/2017) sehingga sangat sulit ditembus.

Anggota PJR, Wahyu mengatakan, jalanan mulai padat merayap di luar Petarukan, Kabupaten Pemalang. "Puncak macet ada di Comal sampai memasuki Kabupaten Batang, sebelum Alas Roban," tuturnya.

Sementara itu, Petugas Satlantas Polres Pemalang mengatakan, kemacetan di jalur Pemalang-Pekalongan sepanjang 30 kilometer (km), sementara Pekalongan-Batang kurang lebih 15 km.

"Pemalang ke Comal (titik awal macet) kalau lancar sekitar setengah jam perjalanan," ucapnya.

Kendati demikian, Budi Karya dan rombongan Kemenhub tetap akan meninjau arus lalu lintas di Pemalang, Jawa Tengah. Rencananya helikopter yang membawa Budi Karya dan rombongan akan mendarat di lokasi helipad yang terletak di proyek pembangunan jalan tol Trans Jawa, yang menghubungkan Brebes-Semarang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.