Sukses

Para Pekerja Senior Harus Cermati Tren Kerja di 2018 Ini

pekerja senior harus memperhatikan tren terbaru di tempat kerjanya agar lebih produktif dalam bekerja. berikut tren yang harus diperhatikan

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahun, mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih dan modern, selalu ada saja tren baru yang diciptakan. Tren tersebut tak hanya berlaku dalam kehidupan, namun juga berlaku di tempat kerja.

Mungkin jika dilihat dari segi banyaknya pengalaman kerja, pengetahuan, atau keahlian, tentu para pekerja senior atau yang lebih tua akan lebih unggul. Namun, meski demikian, para pekerja senior juga harus memperhatikan tren terbaru di tempat kerjanya agar lebih produktif dalam bekerja.

Lalu, kira-kira tren apa saja ya yang harus diperhatikan para pekerja senior? Dilansir dari laman thejobnetwork.com, Minggu (31/12/2017), berikut tren yang harus diperhatikan para pekerja senior di tahun 2018:

1. Pengaturan kerja lebih fleksibel

Kemajuan teknologi telah diakui dapat membuat pekerjaan menjadi lebih mudah daripada sebelumnya. Terbukti, kini bekerja dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, meski dari jarak jauh sekalipun.

Meski fleksibilitas lebih lekat dengan para pekerja muda, namun para pekerja yang lebih senior juga harus mulai mencoba dan membiasakannya.

Dengan memiliki pengetahuan teknis, dapat menjadi modal untuk menghadapi pengaturan kerja yang lebih fleksibilitas di tahun 2018 nanti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Kenaikan kontrak pekerja

Kini telah banyak perusahaan yang beralih menggunakan teknologi, sehingga hanya membutuhkan sedikit karyawan.

Perusahaan juga semakin bergantung pada pengaturan kerja yang tidak tetap, yang berarti pergesaran dari karyawan tetap dan menunju ketergantungan yang lebih besar pada pekerja kontrak, freelance, dan pekerja paruh waktu untuk menyelesaikan sesuatu.

Selain itu, pengaturan tempat kerja yang seperti ini biasanya tidak memberi asuransi kesehatan dan gigi yang padahal sangat penting seiring bertambahnya usia pekerja, selain itu kebanyakan pekerja kontrak juga tidak mendapat tunjangan pensiun.

Oleh karena itu, ada baiknya para pekerja senior sudah menjadi atau segera mengajukan diri menjadi karyawan tetap di sebuah perusahaan agar mendapat jaminan asuransi dan tunjangan pensiun untuk tabungan masa depan.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Menunda pensiun

Kebanyakan para pekerja senior menunda masa pensiunnya. Hal ini bisa dikarenakan merasa kurang dengan tabungannya, memerlukan asuransi kesehatan, ingin tetap aktif dan produktif, atau hanya menikmati masa bekerjanya serta ingin membagi pengetahuan dan keterampilannya kepada karyawan baru.

Sebenarnya menunda masa pensiun merupakan langkah yang cukup baik, namun para pekerja senior harus tetap mengarahkan lanskap dunia kerja secara efektif dan merencanakan masa depan.

 Itulah tren terbesar yang diharapkan para pekerja senior di tahun 2018. Karyawan yang terbukti paling berhasil dalam menghadapi tempat kerja yang berkembang dengan cepat, akan tetap selangkah lebih maju dari tren ini dan menyusun strategi yang sesuai.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini