Sukses

Buruan Tiru, Cara Ini Bisa Meningkatkan Energi di Tahun Baru

Liputan6.com, Jakarta - Apa Anda sudah memiliki rencana untuk merayakan tahun baru nanti? Saat menyambut datangnya pergantian tahun, tentu semua orang akan sibuk bersiap-siap. Mulai dari belanja barang yang dibutuhkan, atau sekedar menghabiskan waktu dengan jalan-jalan bersama orang tercinta.

Namun, merayakan tahun baru yang diidamkan bisa hancur begitu saja jika kita tidak menjaga kondisi kesehatan badan. Oleh karenanya, sangat perlu membekali diri untuk mengoptimalkan energi agar bisa merayakan tahun baru dengan lancar.

Berikut beberapa tips sederhana untuk meningkatkan energi Anda di tahun baru, seperti dilansir dari laman forbes.com, Minggu (31/12/2017):

1. Sarapan pagi

Sarapan yang seimbang dapat membuat hari yang jernih dan sukses. Anda bisa menkombinasikan antara protein dan karbohidrat kompleks agar gula darah tetap stabil dan energi lama terbakarnya.

Tidak harus sarapan yang rumit jika Anda tak biasa sarapan pagi. Anda dapat sarapan pagi dengan makanan sederhana, seperti sepotong buah atau roti dengan mentega dan selai kacang atau telur rebus akan memberi energi yang Anda butuhkan.

2. Mengonsumsi Lebih Banyak Sayuran

Sayuran kaya akan vitamin utama, mineral, dan senyawa kuat seperti flavanol. Misalnya, folat yang ditemukan di sayuran berdaun hijau penting untuk mendukung fungsi otak yang efisien.

Karotenoid pada buah dan sayuran oranye seperti labu dan wortel telah dipelajari memiliki efek antioksidannya yang mampu membantu melindungi dari berbagai penyakit dan meningkatkan fungsi otak yang sehat.

Air di banyak sayuran seperti selada, seledri dan mentimun, dapat membantu Anda tetap terhidrasi dan waspada.

Jika Anda tidak terbiasa makan banyak sayuran, coba dengan menambahkannya ke makanan yang sudah Anda sukai. Tambahkan beberapa sayuran ekstra ke dalam sandwich, tukar biji-bijian di mangkuk salad Anda dengan kembang kol atau Anda dapat menambahkan sayuran ke telur dadar atau telur urak-arik.

Anda juga bisa bereksperimen dengan mengganti beberapa atau semua mie dalam resep sup atau pasta Anda dengan mie zucchini.

1 dari 3 halaman

Telor

3. Konsumsi Kuning Telor

Selain sebagai sumber protein berkualitas tinggi, telur juga memberi kolin, nutrisi penting untuk fungsi otak yang optimal. Satu telur menyediakan lebih dari 25 persen kebutuhan harian Anda.

Anda juga akan mendapatkan beberapa vitamin A, vitamin D dan bahkan beberapa asam lemak omega 3. Maka pastikan untuk Anda mengonsumsi kuning telur karena kaya akan manfaat.

4. Minum Lebih Banyak Air

Dehidrasi ringan bisa membuat kita merasa lesu dan mematikan kita secara mental. Meskipun tidak ada panduan yang jelas mengenai berapa banyak air putih yang diminum, namun delapan gelas sehari merupakan titik loncat yang bagus, walaupun Anda mungkin memerlukan lebih banyak bergantung pada tingkat aktivitas dan kondisi medis tertentu.

Namun sangat banyak orang yang lupa untuk minum, terutama saat sibuk. Oleh karenanya, ada baiknya Anda menyimpan botol air atau gelas agar mudah dijangkau. Anda juga bisa melatih diri dengan menyiapkan segelas air saat makan, atau bahkan memberi peringatan pada telepon untuk mengingatkan Anda untuk minum.

2 dari 3 halaman

Gula

5. Kurangi Konsumsi Gula

Kue, permen, atau minuman kopi manis mungkin biasa kita konsumsi saat kita sedang stres. Meski mengurangi stres, namun tahukah Anda bahwa gula tersebut mengotak-atik kadar gula darah kita.

Oleh karena itu, coba mulai dari sekarang kurangi konsumsi gula agar tekanan darah tetap stabil dan terhindar dari penyakit berbahaya lainnya.

6. Cukup Tidur

Yang ini mungkin sulit, bahkan Centers for Disease Control and Prevention melakukan penelitian dan menunjukkan bahwa satu dari tiga orang dewasa tidak cukup tidur.

Bagaimanapun, kita perlu untuk mendapatkan tidur yang cukup. Tidur yang memadai sangat penting untuk fungsi otak dan tubuh yang efisien. Untuk membantu Anda menemukan rencana beristirahat lebih banyak, coba cari tahu hambatan yang harus Anda tutupi dan mulailah dari sana.

Artikel Selanjutnya
Serunya Susun Rencana Liburan dengan Fitur Terbaru Skyscanner
Artikel Selanjutnya
Dongkrak Kunjungan Turis Indonesia, Emirates Gelar Promo Spesial