Sukses

Warga Thailand Rogoh Duit Banyak demi Pemakaman Hewan Peliharaan

Di Bangkok, setidaknya ada tiga kuil yang menawarkan layanan upacara pembakaran hewan kesayangan yang telah mati.

Liputan6.com, Jakarta Ada satu tren unik yang kini tengah menjamur di Thailand. Warga di Negeri Gajah Putih itu kini banyak yang rela merogoh kocek sangat dalam demi menyelenggarakan pemakaman mewah bagi hewan peliharaannya.

Biaya untuk menyelenggarakan pemakaman mewah ini mencapai 100 ribu baht atau Rp 41 juta. Banyak pemilik hewan kesayangan percaya, bahwa dengan mengadakan upacara mewah pada hewan kesayangan yang telah mati, maka hewan itu pun bisa terlahir kembali.

Dilansir dari star2.com, Minggu (31/12/2017), tren ini banyak digandrungi warga Thailand setelah banyak penduduk sana yang menganggap hewan peliharaannya sebagai keluarga sendiri.

Di Bangkok, setidaknya ada tiga kuil yang menawarkan layanan upacara pembakaran hewan kesayangan yang telah mati. Upacara tersebut nantinya akan dipimpin oleh seorang biksu, setelahnya abu kremasi akan ditabur ke laut.

Pimrachaya Worakijmanotham, pengguna jasa pemakaman mewah bagi hewan ini mengungkap, ia sengaja mengeluarkan uang banyak untuk melepas kepergian anjing kesayangannya.

Menurut dia, hal ini merupakan persembahan terakhir yang ia bisa berikan ke anjing yang sudah menemaninya selama enam tahun terakhir.

"Ini adalah saat terakhir saya bisa bersamanya ... jadi saya ingin Dollar (anjing saya) menerima hal-hal baik," tutur dia.

Pendiri Pet Funeral Thailand, Theerawat Sae-Han mengatakan, perusahaannya telah membakar lebih dari 200 hewan setiap bulan termasuk kucing, anjing, cicak, ular dan babun.

“Hewan populer seperti ayam sabung yang memenangi anugerah juga diantar untuk dibakar,” kata dia.

Pendiri Pet Funeral Thailand, Theerawat Sae-Han mengatakan, perusahaannya telah membakar lebih dari 200 hewan setiap bulan termasuk kucing, anjing, cicak, ular dan babun.

“Hewan populer seperti ayam sabung yang memenangi anugerah juga diantar untuk dibakar,” pungkas Sae-Han.

Kini usahanya yang ia jalani itu semakin tinggi permintaan. Biaya yang dikenakan untuk setiap upacara pembakaran beragam. Theerawat mengenakan bayaran dari 3.000 baht atau Rp 1,2 juta hingga paket mewah mencapai 100.000 baht Rp 41,4 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini