Sukses

Hasil Riset: Perhatikan 3 Hal Ini Bila Ingin Sukses di Pendidikan

Riset dilakukan pada sejumlah mahasiswa. Proyek ini melibatkan 12 psikolog dan profesor dari beberapa universitas di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Kesuksesan dimulai dari pola berpikir. Mengutip ungkapan orang terkenal Henry Ford, “Ketika Anda berpikir bisa atau tidak bisa, biasanya hal tersebut jadi kenyataan.”

National Science Foundation (NSF menggelar sebuah riset untuk membuktikan hal ini. Riset dilakukan pada sejumlah mahasiswa. Proyek ini melibatkan 12 psikolog dan profesor dari beberapa universitas di dunia.

Mereka meneliti 61 mahasiswa yang sukses di kampus dari berbagai negara. Isi riset secara spesifik ingin mengetahui dan mempelajari faktor apa yang membuat mahasiswa bisa mendapat nilai bagus, rajin belajar, dan bisa menyelesaikan pendidikannya.

Ternyata ditemukan ada tiga hal yang kemudian dinamakan Henry Ford Rule. Berikut tiga faktor tersebut, seperti mengutip Inc-asean.com, Sabtu  (30/12/2017):

1. Menyukai Bidang yang Dipelajari

Penting untuk mengembangkan rasa suka terhadap objek yang dipelajari. Dari 61 penelitian yang dilakukan terhadap mahasiswa yang berbeda, 50 orang percaya bahwa rasa suka terhadap bidang yang dipelajari membantu mereka mencapainilai yang lebihtinggi.

2. Berpikiran Terbuka

Percaya bahwa kepintaran tidak hanya dimiliki orang-orang tertentu adalah pemahaman yang selalu memotivasi. Sudut pandang seperti ini juga berdampak baik bagi mahasiswa. Dari 61 mahasiswa yang diteliti, 75 persen membuktikan bahwa berpikir terbuka dapat meningkatkan IPK.

3. Memiliki Tujuan dan Visi yang Jelas

Dari penelitian ini menemukan 83 persen mahasiswa yang memiliki tujuan hidup dan visi yang jelas, cenderung lebih sukses dan termotivasi setiap harinya. Penelitian ini kemudian dilengkapi dengan mengomparasi IPK para mahasiswa.

Tiga hal di atas terlihat sangat sederhana, namun tidak mudah untuk diaplikasikan. NSF menyarankan bagi mahasiswa untuk mengingatnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.