Sukses

Tahap I, Bank of Tokyo-Mitsubishi Beli 19,9 Persen Saham Danamon

Liputan6.com, Jakarta The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ,Ltd. (MUFG) menuntaskan pembelian tahap I 19,9 persen dari total saham PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Dalam perjanjian jual beli saham bersyarat, MUFG akan mengambil 73,8 persen saham yang dilepaskan Temasek, perusahaan raksasa asal Singapura.

"Bank Danamon telah menerima pemberitahuan pada 29 Desember 2017 dari Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd bahwa MUFG telah menyelesaikan pembelian 19,9 persen dari total saham yang sudah diterbitkan Danamon," kata Head of Corporate Communications Bank Danamon Indonesia, Atria Rai dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (29/12/2017).

Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd merupakan pemegang saham utama Bank Danamon Indonesia. Perusahaan ini merupakan anak usaha yang seluruhnya dimiliki Fullerton Financial Holdings Pte. Ltd. Sementara MUGF merupakan badan usaha perbankan dari Mitsubishi UFJ Financial Group Inc.

Sebelumnya, Atria Rai menjelaskan, Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd yang merupakan entitas dari Temasek telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat dengan The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd. (MUFG).

Dalam perjanjian tersebut, MUFG akan mengambil keseluruhan atau 73,8 persen dari total saham yang sudah diterbitkan Bank Danamon. Investasi tersebut akan dilaksanakan dalam tiga tahap.

Di tahap I, MUFG akan membeli 19,9 persen dari total saham Danamon yang sudah diterbitkan dengan harga Rp 8.323 per saham. Harga saham untuk Tahap 1 didasarkan pada Kuartal III 2017 price-to-book ratio dua, dengan memberlakukan penyesuaian tertentu.

"Setelah penyelesaian, pada tahap II MUFG akan membeli tambahan 20,1 persen saham dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon, dengan tunduk pada persetujuan regulator dan pihak lainnya yang relevan," kata dia seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (27/12/2017).

Setelah diselesaikannya Tahap II, MUFG bermaksud mendapatkan persetujuan-persetujuan yang diperlukan untuk meningkatkan kepemilikannya di Danamon di atas 40 persen dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon (Tahap 3).

Hal ini akan memberikan kesempatan bagi pemegang saham Danamon lainnya untuk tetap menjadi pemegang saham atau menerima uang tunai dari MUFG.

"Dengan dilaksanakannya Tahap II, kepemilikan MUFG dalam Danamon diharapkan akan menjadi lebih dari 73,8 persen dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon," ucap dia.

Harga pembelian saham Danamon dalam Tahap II dan Tahap III akan memakai pendekatan yang mirip dengan Tahap I. Tidak ada jaminan bahwa harga pembelian saham Bank Danamon di Tahap II dan Tahap III akan lebih tinggi, lebih rendah atau sama dengan harga dalam tahap sebelumnya. Harga ini akan diungkapkan pada waktu yang tepat.

Tonton Video Menarik di Bawah Ini

1 dari 2 halaman

Ambil Alih Danamon, MUFG Siapkan Dana Awal Rp 15,8 T

Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc (MUFG) telah menyiapkan berbagai strategi untuk merealisasikan pengambilalihan 73,8 persen saham PT Bank Danamon Indonesia Tbk dari Temasek.

Chief Executive Officer (CEO) MUFG untuk wilayah Asia & Oceania Takayoshi Futae mengaku telah menyiapkan tiga tahapan pengambilalihan saham tersebut.

"Untuk tahap awal MUFG akan membeli 19,9 persen saham Danamon, dengan harga Rp 8.323 (US$ 0,61) per saham dan dengan jumlah investasi sebesar Rp 15,8 triliun," kata Takayoshi di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta, Rabu (27/12/2017).

Setelah itu, MUFG berencana untuk mendapatkan persetujuan-persetujuan yang diperlukan berdasarkan peraturan perundang-undangan beserta persetujuan terkait lainnya untuk membeli tambahan 20,1 persen saham demi meningkatkan kepemilikan sahamnya di Danamon menjadi 40 persen. Tahap ini diharapkan akan diselesaikan antara triwulan kedua dan triwulan ketiga 2018.

Kemudian tahapan selanjutnya, MUFG berencana untuk mendapatkan persetujuan-persetujuan otoritas di Indonesia untuk bisa menggenapi total kepemilikan saham di Danamon menjadi 73,8 persen.

"Namun, target itu semua tergantung dari penyelesaian perizinan dari otoritas di Indonesia," tegas Takayoshi.

Futae juga menambahkan, Bank Danamon merupakan suatu institusi yang dihormati di sektor perbankan lokal, dikenal dengan tim manajemennya yang berpengalaman dan kompeten, platform bisnis yang sehat dan waralaba yang menguntungkan.

"Kami bersifat suportif terhadap kepemimpinan manajemen Danamon, dan kami percaya bahwa kolaborasi kami kedepannya akan menciptakan sinergi-sinergi yang akan membiarkan kami untuk melayani nasabah-nasabah dan pemegang saham kami dengan lebih baik dan untuk meningkatkan pertumbuhan bersama," tutup dia.

Artikel Selanjutnya
Debut Perdana, Saham LCK Global Naik 50 Persen
Artikel Selanjutnya
BTN Syariah Himpun Dana Pihak Ketiga Rp 18,7 Triliun