Sukses

Dukung Kegiatan Belajar di NTB, BUMN Bangun Asrama buat Mahasiswa

Menteri Rini Soemarno mengatakan, BUMN merupakan perusahaan negara, artinya merupakan milik semua rakyat Indonesia.

Liputan6.com, Sumbawa - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan bantuan sebesar Rp 4 miliar kepada Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) di Nusa Tenggara Barat (NTB). Bantuan tersebut untuk pembangunan asrama mahasiswa dan broadband learning center (BLC).

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, adanya bantuan ini diharapkan dapat menunjang kegiatan pendidikan di NTB. Dengan asrama ini, mahasiswa diharapkan dapat fokus dalam kegiatan belajar.

"Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada seluruh manajemen dan direksi BUMN yang memberikan dukungan membangun asrama. Ada 11 BUMN dan memang saya merasa asrama penting, untuk bisa nyaman, sehingga mahasiswa-mahasiswi bisa belajar dengan baik dengan tenang," kata dia di UTS NTB, Minggu (31/12/2017).

Rini mengatakan, BUMN merupakan perusahaan negara, artinya merupakan milik semua rakyat Indonesia. Oleh karenanya, dia berharap BUMN dapat berkontribusi lebih untuk masyarakat Indonesia.

"Saya berharap ke depan bukan itu saja, BUMN ini 3 tahun terakhir di bawah Presiden Jokowi menekankan BUMN itu perusahaan dimiliki negara berarti perusahaan dimiliki kita semua oleh rakyat Indonesia," ujar dia.

Dia menekankan, BUMN mesti memiliki program yang memberikan dukungan dalam perbaikan kehidupan bangsa.

"Oleh karena itu BUMN harus bisa memberikan dukungannya, memberikan program-program yang dapat memperbaiki kehidupan bangsa. Oleh karena itu kita mempunyai moto BUMN untuk Negeri," tukas dia.

Sebagai tambahan, bantuan ini diberikan 11 BUMN. Antara lain, PT Bank Tabungan Negara Tbk (Bank BTN), PT Bank Negara Indonesia Tbk (Bank BNI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Bank BRI), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Perusahaan Gas Negara Tbk, PT Pertamina, PT Semen Indonesia Tbk, PT PLN, PT Waskita Karya Tbk dan PT Wijaya Karya Tbk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Menteri Rini Kerap Ajak Direksi BUMN ke Daerah Pelosok

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno kerap melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah. Tidak hanya di wilayah perkotaan namun hingga ke pelosok Nusantara.

"Saya itu sudah jalan hampir di seluruh titik Indonesia baik kapal berjam-jam, sepuluh jam, pesawat kecil di Papua Maluku sudah saya lakukan," paparnya saat berdialog dengan mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Nusa Tenggara Barat, Minggu (31/12/2017).

Bahkan, dalam kunjungan tersebut Rini juga mengajak direksi-direksi BUMN. Meski, tak jarang pula ada sebagian direksi yang mengeluh.

Namun Rini menuturkan, direksi-direksi tersebut akhirnya mengucapkan terimakasih kepadanya. Lantaran, mereka akhirnya tersadar betapa besarnya Indonesia.

"Kenapa saya lakukan itu, dirut-dirut juga sebagian ikut, sebagian dirut-dirut juga saya tahu ngomel-ngomel. Kenapa sih ini Bu Menteri ngajakin naik kapal ombaknya besar. Tapi setelah itu hampir semua, terimakasih ya bu, kalau nggak, kita nggak melihat Indonesia yang begini cantik, begini besar," jelas dia.

Rini pun mencontohkan NTB. NTB mempunyai sumber daya emas, lahan yang subur, dan sapi yang memadai.

"Dan menurut saya harus menjadi kebanggaan kita kenapa negara Amerika, Australia terkenal seperti sapinya kenapa tidak bisa mengatakan Sumbawa punya sapi yang begitu hebat," ujar dia.

Sebab itu, dia meminta semua pihak bangga terhadap Indonesia. Dia juga meminta para mahasiswa untuk belajar dengan sebaik mungkin dan kemudian membangun Indonesia.

"Marilah kita semua berbangga hati Indonesia itu besar, cantik, kaya, dan pendudukanya sangat besar. Kalau adik-adik betul-betul belajar, seraplah ilmu sebanyak mungkin, bisa membangun Indonesia, saya yakin akan menjadi terbesar di dunia," tukas Rini Soemarno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.