Sukses

Jalan-Jalan Hemat, Ini Cara Dapatkan Tiket Penerbangan Termurah

Bagaimana cara untuk mendapatkan tiket penerbangan termurah?

Liputan6.com, Jakarta - Apa pun katanya, travelling itu menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Namun, tiket penerbangan yang terbilang mahal cukup menguras kantong. Inilah yang membuat kita berpikir 70 kali sebelum akhirnya memutuskan untuk pergi liburan atau tidak.

Selain itu, kita juga harus memikirkan biaya hidup selama di sana. Mulai dari biaya makan, hotel, transportasi, dan masuk tempat wisata.Kalau dihitung-hitung, dana yang dihabiskan lumayan besar. Dana ini tentu tergantung pada destinasi liburan itu sendiri.

Kalau mau liburan ke Eropa, tentu saja dana Rp 10 juta sangatlah kurang. Tiket penerbangan untuk berangkat saja hampir Rp 15 juta. Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan tiket penerbangan termurah?

1. Jelajah di Jendela Penyamaran

Kita sering kali cari-cari tiket penerbangan murah langsung dari website. Sadar atau tidak, harga tiket pesawat cenderung naik dari waktu ke waktu apabila terus-menerus melakukan pencarian di tempat yang sama. Sebelum memulai pencarian, Anda sebaiknya membuka tab atau jendela penyamaran.

Cara ini sangat membantu untuk mencari tiket penerbangan murah. Karena searching dari tab penyamaran tidak dapat dilacak website yang bersangkutan, Anda bisa berjelajah sepuasnya tanpa rasa khawatir.

2. Mengecek Kembali Harga Tiket Penerbangan

Setelah menemukan harga tiket yang pas dan di-booking, Anda perlu mengecek kembali harga tiket tersebut beberapa saat kemudian. Mengapa? Sebab perubahan harga tiket penerbangan sangat cepat terjadi. Dalam satu menit saja, harganya bisa berbeda dengan harga sebelumnya. Apabila harga tiket saat ini lebih murah daripada harga tiket yang sudah di-booking, lebih baik membatalkan tiket tersebut dan memilih tiket penerbangan yang lebih murah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Ikuti Sosial Media Maskapai Penerbangan

Ada banyak maskapai penerbangan yang bisa digunakan untuk liburan. Setiap maskapai biasanya memiliki waktu spesial untuk mengadakan promo penerbangan. Agar selalu update promo tersebut, Anda bisa mengikuti social media dari maskapai penerbangan yang bersangkutan.

Anda juga bisa mendaftarkan email dan mengaktifkan notifikasi agar setiap berita terbaru dari maskapai penerbangan dapat diakses dengan cepat. (Baca Juga: Mengenal Penyakit Ginjal, Mulai dari Gejala, Penyebab, Pengobatan daan Pencegahannya).

4. Mendaftar Kartu Keanggotaan

Cara lainnya dengan mendaftar kartu keanggotaan dari suatu maskapai. Hampir semua maskapai menawarkan kartu keanggotaan. Cara pendaftarannya juga cukup mudah. Cukup mendaftarkan email pada situs resmi maskapai itu. Kemudian mengisi formulir dan selesai.

Kartu keanggotaan ini sangat berguna apabila ingin mendapatkan tiket penerbangan murah. Biasanya anggota lebih diistimewakan dibandingkan yang bukan anggota. Maskapai penerbangan juga sering memberikan promo tiket penerbangan yang nominalnya tidak pernah disangka-sangka.

3 dari 4 halaman

5. Cari di Situs Penerbangan yang Murah

Beberapa website yang menyediakan semua harga tiket penerbangan, baik penerbangan dalam negeri maupun luar negeri. Untuk mendapatkan harga termurah, Anda bisa sering-sering mencari di beberapa website tersebut dan lakukan perbandingan. Ketika dapat harga yang murah, langsunglah mem-booking-nya.

6. Pesan Tiket Pulang-Pergi Sekaligus

Memesan tiket pulang-pergi juga dapat meminimalkan dana untuk tiket penerbangan. Perbedaan beli tiket pulang-pergi dengan satu per satu juga lumayan besar. Nominalnya hampir Rp 3-5 juta untuk penerbangan ke Eropa. Pemesanan tiket pulang-pergi biasanya akan mendapatkan diskon berupa smart combo yang terbukti ampuh untuk memangkas pengeluaran. Kelemahannya adalah tiket pulang-pergi menggunakan maskapai yang sama dan di kota yang sama pula.

 

4 dari 4 halaman

7. Pilih Penerbangan di Pagi Hari

Kalau diamati, harga tiket penerbangan di pagi hari jauh lebih murah dibandingkan siang atau sore hari. Karena orang sangat jarang mengambil penerbangan pada pagi hari. Alasannya, risiko penerbangan yang lebih besar mengingat banyaknya embun.

8. Gunakan Agen Travel

Langkah terakhir adalah dengan menggunakan agen travel. Agen travel tentu lebih tahu mengenai waktu untuk mendapatkan jadwal penerbangan murah. Dengan jasa agen travel, Anda juga tidak perlu repot lagi untuk selalu memantau harga tiket pesawat setiap waktu. Anda bisa meminta agen travel untuk membantu dengan syarat harus membeli tiket di agen travel yang bersangkutan.

Liburan Hemat Tanpa Menguras Kantong

Itulah tips yang bisa dicoba untuk mendapatkan tiket penerbangan murah. Dengan tips di atas, tidak ada lagi alasan untuk tidak pergi berlibur. Kalau sudah punya rencana liburan ke luar kota atau luar negeri, lakukan persiapan sedini mungkin. Pantau harga tiket penerbangan untuk mendapatkan tiket murah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.