Sukses

7 Tanda Anda Berada di Lingkungan Kerja yang Tak Sehat

Agar tetap produktif dan terinspirasi di tempat kerja, kualitas lingkungan kerja Anda lebih penting daripada yang Anda sadari.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari para pekerja menghabiskan minimal 40 jam di kantor selama seminggu. Bahkan bagi beberapa profesi, jam kerja di kantor bisa hingga 50 jam dalam sepekan. Sebagian besar waktu itu pasti Anda habiskan dengan anggota tim dan rekan kerja.

Agar tetap produktif dan terinspirasi di tempat kerja, kualitas lingkungan kerja Anda lebih penting daripada yang Anda sadari.

Jadi jika Anda menemukan diri Anda dalam keadaan kerja yang tak sehat, bersiaplah untuk melepaskan diri. Alasannya, lingkungan kerja yang tak sehat bisa sangat mengganggu kinerja Anda. 

Nah, seperti apakah lingkungan kerja yang tak sehat itu, dikutip dari JobSteet, Selasa (2/1/2018), berikut ini adalah tanda-tanda lingkungan kerja tak sehat:

1. Birokrasi Terlalu Ribet

Apakah butuh waktu berminggu-minggu untuk mendapatkan tanda tangan pada pembelian alat tulis kantor sederhana? Birokrasi sangat merugikan efisiensi dan produktivitas di tempat kerja.

2. Dikendalikan Orang Lain

Apakah Anda menemukan atasan Anda menarik leher Anda setiap saat? Mungkin dia bersikeras untuk mendapat salinan setiap email tanpa mempedulikan relevansi. Dikendalikan atasan atau orang lain bisa sangat menghancurkan motivasi, dan juga hal itu tidak efektif.

3. Selalu Mengutamakan Keuntungan

Bisnis perlu menghasilkan keuntungan. Tapi ketika bos terus-menerus memanfaatkan biaya pemotongan dan meningkatkan margin keuntungan, memperlakukan kualitas sebagai hal kesekian, mudah bagi karyawan untuk merasa tidak bersemangat dan acuh tak acuh terhadap pekerjaan.

4. Pilih kasih yang mencolok

Entah itu karena politik, rasisme atau prasangka lainnya, pilih kasih tidak memiliki tempat di lingkungan kerja manapun. Selain menabur perselisihan di antara staf, memperlakukan beberapa karyawan lebih baik daripada yang lain tanpa alasan yang bagus juga merusak integritas dan wewenang manajer.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5. Bekerja Terus dan Tak Ada Waktu Istirahat

Secara konsisten bekerja berjam-jam dari hari ke hari, bahkan selama akhir pekan, akan perlahan tapi pasti sangat melelahkan. Betapapun Anda mencintai pekerjaan Anda, Anda perlu waktu untuk mengisi ulang baterai Anda.

6. Hanya Kritik, Tidak Ada Pujian

Apakah bos Anda menerkam setiap kesalahan yang Anda buat tapi mengabaikan saat Anda menyumbangkan solusi atau gagasan berharga? Mencela setiap waktu bisa menjadi pukulan besar bagi ego seseorang.

7. Pelecehan

Pelecehan seksual, fisik, verbal, mental - bullying di tempat kerja datang dalam berbagai bentuk. Sebagian besar korban pelecehan cenderung menutup mata terhadap situasi ini karena takut diejek atau disalahkan, yang ternyata sangat disayangkan. Jika Anda salah satu dari mereka, beritahu seseorang dan dapatkan bantuan.

 

3 dari 3 halaman

Segera Pertimbangkan untuk Keluar

Jika Anda menandai empat atau lebih tanda di atas, sudah saatnya Anda mempertimbangkan perubahan lingkungan kerja. Jika dibiarkan, keterpaparan yang berkepanjangan terhadap racun di tempat kerja dapat menyebabkan masalah mental dan kesehatan yang lebih parah.

Carilah bantuan sesegera mungkin atau keluarlah saat masih awal. Anda pantas berada di tempat Anda akan berkembang dan merasa dihargai.

Temukan tempat kerja dimana Anda seharusnya berada. Ini adalah kesempatan untuk menemukan tempat kerja yang tepat untuk Anda, sambil membantu orang lain menemukan tempat mereka pada saat bersamaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.