Sukses

PLN: Pasokan Listrik di Jakarta dan Sekitarnya Sudah Normal

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) telah berhasil melakukan penormalan pasokan listrik di wilayah Jakarta dan sekitarnya, sehingga saat ini tidak ada wilayah yang mengalami pemadaman. Sebelumnya terjadi gangguan teknis pada sistem 150 kV Gandul-Muara karang sehingga menyebabkan beberapa wilayah harus mengalami pemadaman.

Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Disjaya Dini Sulistyawati mengatakan, ‎pasokan listrik DKI Jakarta yang sempat mengalami gangguan kini telah normal kembali secara penuh pada pukul 11.25 WIB.

"Sesaat sejak dimulainya gangguan pagi tadi, PLN Distribusi Jakarta Raya langsung mengupayakan manuver jaringan untuk mengantisipasi meluasnya dampak gangguan," kata Dini, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Selasa (2/1/2018).

Menurut Dini, PLN melakukan penormalan bertahap dengan memprioritaskan pasokan listrik untuk fasilitas umum seperti perkantoran, transportasi umum, dan sebagainya. "PLN Distribusi Jakarta Raya mengucapkan terima kasih atas pengertian dan kerja sama pelanggan. Sejak pukul 07.53 WIB," tutur Dini.

Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka menambahkan sejak pukul 7.34 WIB sampai pukul 11.21 WIB secara bertahap PLN sudah berhasil memulihkan kembali Gardu Induk (GI) yang terdampak ganguan tersebut.

"Kami mohon maaf atas pemadaman yang terjadi, hal ini masih dalam penanganan kami. Beberapa gardu induk saat ini sudah pulih dan berhasil menyuplai energi listrik ke pelanggan dan kami akan lakukan percepatan untuk penormalan seluruh sistem," tutup Made.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Seluruh Gardu Sudah Normal

 

Made menjelaskan gangguan teknis pada sistem 150 kV Gandul-Muara Karang sebelumnya telah menyebabkan 17 GI dari 80 GI yang ada di Jakarta terganggu.

Untuk itu sejak pagi tadi PLN berupaya penuh untuk melakukan pemulihan tersebut, diantaranya dengan melakukan beberapa manuver jaringan untuk mengantisipasi meluasnya dampak gangguan.

Saat ini beban puncak di Jakarta mencapai 5500 MW, jumlah ini meningkat jika dibandingkan libur Natal dan Tahun Baru seiring dengan mulai aktifnya kegiatan perkantoran dan perindustrian di Jakarta.

Upaya PLN kedepan untuk meminimalkan pemadaman adalah dengan percepatan penguatan sistim 500 KV dan GITET di Gandul, Duri Kosambi dan Looping Transmisi Jakarta.

Artikel Selanjutnya
PLN Tambah Pelanggan di Bintan
Artikel Selanjutnya
PLN Siap Sukseskan Asian Games