Sukses

Terkuak, 4 Alasan Kenapa Orang Susah Atur Duit Saat Muda

Liputan6.com, Jakarta - Usia masih muda, sudah memiliki banyak uang, tentu siapa yang tidak ingin? Namun terkadang, pada usia tersebut keinginan yang besar justru malah membuat uang yang dimiliki jadi tidak terkelola dengan baik.

Terkadang, keasyikan berbelanja malah membuat kalap dan akhirnya menjadi tidak sadar bahwa uang di kantong semakin lama semakin tipis.

Lalu, sebenarnya apa saja kebiasaan atau kesalahan dalam mengelola uang saat masih muda? Berikut tiga kesalahan fatal dalam mengelola keuangan yang sering dilakukan anak muda, seperti dilansir dari Laruno.com, Rabu (3/1/2018):

1. Menunggu Punya Banyak Uang untuk Jadi Investor

Sebenarnya Anda tidak harus menunggu menjadi jutawan untuk memulai investasi. Anda hanya butuh kedisiplinan untuk mengelola anggaran yang dimiliki dan berkomitmen dalam menjalankan investasi.

Investasi sedari muda juga memiliki banyak keuntungan, seperti mempunyai waktu lebih lama untuk belajar dan berinvestasi. Jika tidak dimulai sekarang, kapan lagi?

2. Tidak Segera Menabung

Selalu berpegang teguh pada prinsip bahwa semakin muda mulai menabung, maka semakin baik untuk kehidupan jangka panjang dan masa depan. Banyak orang muda yang penghasilannya dihabiskan terlebih dahulu, baru sisanya ditabung. Ini merupakan kebiasaan yang salah.

Namanya saja dihabiskan, maka habis tidak tersisa untuk menabung. Tapi jika Anda menyisihkan penghasilan Anda untuk ditabung, baru sisanya dibelanjakan, ini baru hal yang tepat. Karena akan selalu ada uang yang ditabung.

1 dari 2 halaman

3. Gaya Hidup yang Boros

Saat ini, kaum muda dinilai boros dalam mengeluarkan uang untuk gaya hidup. Sebaiknya, menyesuaikan gaya hidup dengan keuangan Anda. Jangan sampai gaya hidup lebih tinggi karena dapat membuat keuangan Anda menjadi tidak stabil.

 

4. Utang Kartu Kredit Menumpuk

Jangan tenggelamkan diri dalam bunga utang kartu kredit yang tinggi, karena akan sangat sulit untuk keluar dari keadaan tersebut. Bunga kartu kredit yang tinggi akan membuat kalian kesulitan membayar.

Kartu kredit jika digunakan secara tepat akan bermanfaat, namun jika pemakaian yang berlebihan tentu akan menjadi bumerang untuk keuangan Anda.

Itulah beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam mengelola keuangan di usia muda. Segera hilangkan kebiasaan buruk Anda dalam mengelola keuanganya! Semoga bermanfaat.

Mau baca tips bisnis dan karir lainnya dari Tung Desem Waringin? Silakan klik tdwuniversity.com

Baca juga: 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar Pada Kesuksesan Bisnis Anda di sini

Artikel Selanjutnya
Pria Caper dan Wanita Baper, Mungkinkah Jadi Pasangan Super?
Artikel Selanjutnya
6 Jurus Mendekati Gebetan yang Super Jutek