Sukses

Daftar Terbaru 7 Negara Paling Makmur di Dunia

Peringkat teratas didominasi oleh negara-negara Skandinavia.

Liputan6.com, New York - Laporan tahunan Global Prosperity Index yang dikeluarkan lembaga riset The Legatum Institute memperlihatkan kondisi kesejahteraan di 149 negara di dunia. Salah satu faktor untuk mengukur kesejahteraan sebuah negara adalah dengan melihat kestabilan ekonomi di negara tersebut.

Seperti dikutip dari laporan resmi perusahaan yang berbasis di London tersebut, Sabtu (6/1/2018), Legatum menentukan peringkat negara-negara makmur di dunia berdasarkan delapan indikator utama yang meliputi bidang pemerintahan, ekonomi, wirausaha dan peluang usaha, pendidikan, kesehatan, kebebasan individu keamanan, serta tingkat pendapatan masyarakat.

Khusus dari segi ekonomi, Legatum menilai ketangguhan 149 negara tersebut berdasarkan kebijakan makroekonomi yang diterapkannya. Tak hanya itu, kepuasan dan prediksi perekonomian negara, landasan pertumbuhan ekonomi dan efisiensi sektor finansial turut menjadi tolak ukur Legatum dalam menentukan peringkatnya.

Peringkat 10 besar didominasi oleh negara-negara Skandinavia. Berikut ulasan daftar negara termakmur dunia.

7. Denmark

PDB negara ini mencapai lebih dari US$ 300 miliar. Tingginya nilai PDB tersebut membuat Denmark masuk menjadi negara dengan kemakmuran terbaik di dunia.

6. Belanda

Dalam survei tahun 2016, Negeri Kincir Angin menempati urutan kedua dalam hal pendidikan dan kualitas ekonomi. Sementara terkait dua sub-indeks lainnya, Belanda berada pada peringkat lima.

5. Swedia

Swedia mampu duduk di peringkat teratas dalam bidang kestabilan ekonomi. Perekonomian negara ini memiliki sistem campuran berbasis ekspor. Kayu, tenaga air dan bijih besi adalah sumber daya alam utama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Swiss

4. Swiss

Penduduk swiss didapuk sebagai warga dengan kekayaan terbesar di dunia. Perekonomian negara ini ditopang dari perusahaan jasa keuangan yang baik.

3. Finlandia

Rakyat Finlandia mungkin tidak menganggap mereka bagian dari Skandinavia. Namun, mereka tidak dapat menyangkal sebagai salah satu negara di Eropa utara yang sejahtera.

 

3 dari 3 halaman

2. Selandia Baru

2. Selandia Baru

Selandia Baru harus turun satu peringkat dari tahun lalu. Negara ini mampu mencetak nilai tertinggi di faktor modal sosial dan kualitas perekonomian.

1. Norwegia

Berdasarkan data Legatum Institute, selama tujuh tahun berturut-turut, Norwegia berada pada deretan teratas negara-negara paling makmur di dunia. Tahun ini, Norwegia berada pada peringkat teratas di bidang kemakmuran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini