Sukses

Truk Terbakar di Tol, Pertamina Pakai Jalur Alternatif Kirim BBM

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran truk tangki Bahan Bakar Minyak (BBM) milik Pertamina di Kilometer (Km) 51 tol Cikampek arah Jakarta, pada Sabtu malam (6/1/2018) berhasil dipadamkan tim pemadam kebakaran. Untuk memastikan penyaluran BBM aman ke Jakarta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menggunakan jalur alternatif lewat non tol.

Tim pemadam kebakaran berhasil memadamkan kebakaran truk tangki BBM yang terbakar di ruas jalan tol Km 51 Cikampek arah Jakarta pada sekitar pukul 20.30 WIB tadi malam. 

Unit Manager Communication and CSR PT Pertamina MOR III, Dian Hapsari Firasati menegaskan, peristiwa kebakaran satu unit truk tangki BBM tadi malam tidak menimbulkan korban jiwa. Penyebab kebakaran masih dalam proses investigasi.

"Saat ini tim kepolisian akan melakukan investigasi lebih lanjut. Posisi mobil tangki sudah berada di bahu jalan, sehingga pengguna jalan dapat melintas secara normal kembali," ujar Dian dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (7/1/2018).

Dian menambahkan, terkait dengan pasokan BBM Pertamina sudah menyiapkan alternatif untuk penyaluran BBM ke wilayah Jakarta dari arah Cikampek. "Jalur itu melalui jalur non tol untuk memastikan penyaluran tetap aman," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, api membakar truk tangki pengangkut BBM milik Pertamina di Km 51 Tol Cikampek Karawang. Truk itu terbakar di ruas Tol Cikampek arah menuju ke Jakarta. Petugas dari pemadam kebakaran Jasa Marga dan polisi terus berusaha memadamkan kobaran api.

 

Tonton Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Truk BBM Pertamina Terbakar di Tol Cikampek

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Minggu (7/1/2018), banyaknya BBM yang diangkut truk menyulitkan petugas melakukan proses pemadaman. Api juga sempat menjalar ke sambungan listrik tegangan tinggi yang berada di lokasi. Dari pengakuan sopir truk tangki, api berasal dari percikan ban yang pecah di bagian kanan belakang.

Percikan api ini menyambar tangki dan menjalar ke seluruh bagian truk. Untuk menjaga agar api tak menyambar kendaraan alin di dalam Tol Cikampek polisi dan Jasa Marga menutup jalur arah Jakarta. Untuk menjaga agar api tak menyambar kendaraan alin di dalam Tol Cikampek polisi dan Jasa Marga menutup jalur arah Jakarta.

"Yah itu, ban meledak, pecah. Pas saya berhenti, saya periksa api udah menyala saya ambil ember pinjam sama warga, saya keburu capek," ujar Arifin Sarifudin, pengemudi truk

Untuk menjaga agar api tak menyambar kendaraan alin di dalam Tol Cikampek polisi dan Jasa Marga menutup jalur arah Jakarta. Akibatnya, arus lalu lintas ke arah Jakarta macet hingga 15 kilometer.

Polisi dan Jasa Marga juga mengalihkan arus kendaraan ke Gerbang Tol Karawang Timur. Api dari truk tangki BBM itu akhirnya baru bisa dipadamkan setelah dua jam dengan mengerahkan lima mobil pemadam kebakaran.

Artikel Selanjutnya
Truk Terbakar di Tol, Pertamina Pakai Jalur Alternatif Kirim BBM
Artikel Selanjutnya
Truk BBM Terbakar di Tol Cikampek, Buka Tutup Jalur Diberlakukan