Sukses

Ingin Bisnis Online Selalu Lancar? Coba Perhatikan 3 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang hanya mengetahui bahwa usia pengguna internet rata-rata adalah anak-anak hingga remaja. Survei  ini dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau APJII.

Tapi ternyata, ketika tahun lalu di survei kembali, pegguna internet Tanah Air belakang ingin yang paling besar justru dari kalangan masyarakat yang berusia 35-44 tahun loh.

Data ini perlu diperhatikan dengan baik oleh para pelaku bisnis online tentunya. Jangan sampai para pebisnis ini nantinya salah menentukan target pasar. Dari hasil survei diperoleh data, ipengguna internet paling sedikit adalah mereka yang berusia 55 tahun ke atas, yakni hanya sekitar 10 persen.

Sedangkan masyarakat dengan rentang usia 45-54 tahun yang mengakses internet hanya sekitar 18 persen atau sekitar 23,8 juta jiwa.

Lalu dari hal apa saja Anda bisa menentukan produk yang pas untuk target market Anda?

1. Range Usia

Anda bisa melakukan pemantauan untuk menentukan jenis produk apa yang bisa Anda jual di pasaran. Anda bisa melakukan survei pasar, seperti halnya berjualan di internet Anda harus mengetahui range usia pengguna internet.

Ketika Anda sudah menemukan range usia pengguna untuk dijadikan target market Anda, baru Anda bisa melakukan penentuan penjualan produk apa yang pas.

1 dari 2 halaman

2. Jenis Kelamin

Ketika Anda mengetahui range usia mereka, Anda juga perlu tau di dalam pengguna internet lebih banyak perempuan atau laki-laki kah yang aktif menggunakan internet, atau bahkan aktif berjualan. Hal ini mempermudahkan Anda untuk lebih fokus ke barang-barang apa.

Jika perempuan maka kebanyakan dari mereka menyukai fashion, alat-alat kecantikan, dan aksesoris. Jika laki-laki kebanyakan mereka juga menyukai fashion, gadget, dan aksesories.

3. Minat

Ketika Anda sudah melakukan survey tentang range usia dan jenis kelamin mereka. Sekarang saatnya Anda melakukan pemantauan pada jenis produk yang seperti apa yang sangat diminati oleh orang-orang dengan range usia sekian? Misal mereka menyukai produk fashion dengan tampilan A, B, C.

Jika sudah tahu tentang 2 hal ini Anda akan lebih mudah untuk memulai usaha bisnis Anda tersebut.Dari ketiga hal yang perlu Anda survei ini, Anda dapat menentukan jenis produk apa yang cocok untuk Anda jual dan tawarkan kepada mereka.

Jangan sampai Anda tidak melakukan survey saat ingin memulai sebuah bisnis, karena survey ini menentukan bagaimana bisnis Anda diminati oleh para konsumen Anda.

Mau Baca tips bisnis dan karier lainnya dari Tung Desem Waringin? Silakan klik tdwuniversity.com.

Baca Juga: 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar pada Kesuksesan Bisnis Anda di Sini.

 

Artikel Selanjutnya
4 Manfaat Bangun Bisnis bagi Generasi Milenial, Apa Saja?
Artikel Selanjutnya
Wajib Dicoba, Bisnis Mudah untuk Mahasiswa